ODHA ala Pramuka?

Peringatan Hari AIDS yang jatuh pada hari ini, 1 Desember 2007, diperingati dengan macam macam aktivitas. Dari yang diem dieman (maksudnya renungan) sampai aksi simpatik oleh berbagai kalangan. Kami, dari Pramuka ITS, memilih memperingatinya dengan sedikit berbeda. Sedikit bedanya dimana? selain talk show yang sepertinya sudah umum, kami juga mengadakan kegiatan ODHA. Lho kok? ehehe… ODHA yang dimaksud disini outbound bersama perwakilan mahasiswa tiap jurusan di ITS dalam rangka memperingati hari AIDS gitu. maksa ya? biarin!
Saya nggak membahas outboundnya yang berlangsung seru sekaligus melelahkan itu. Juga nggak akan membahas betapa trainer – trainernya (yang juga anggota Pramuka ITS sekaligus teman saya sehari hari) ganteng ganteng atau tidak. Bukan itu. Namun ada kata kata yang meyolok mata saya. Dua baris kata penuh makna ini terpampang pada spanduk dan kaos yang dikenakan para Trainer.

-PENERIMAAN SEUTUHNYA ADALAH HARAPAN MEREKA-
JANGAN JAUHI ODHA HANYA KARENA MEREKA BERBEDA

ah ya, penerimaan seutuhnya? sounds simple… bisakah kita? itulah PR kita selanjutnya ;)
dan mengutip kata kata teman saya : “selamat hari AIDS! bukan karena kita bangga, tapi karena kita peduli, semoga lingkungan kita bebas dari AIDS”

1.
si Emus™
2. Mba Ira si Itik yang Gak Gedhe Gedhe
3. Pak Gempur Sang Guru Penyebar Candu :lol:
4. Si Miss Komen Chikachu
5. Mas Yuki di TPC
6. The Caplang
7. Mba Gita Aprikot
8. Kata si Almas
9. Menurut Om Fertob eh Om Phyrro :mrgreen:
10. kata mas Adith aka suandana
11. Antokondom™
12. Kata Mbak Raraah ya, itu dulu saya kira… jangan lupa lihat ini ya… :mrgreen:

70 Komentar

  1. Pertamax!

  2. iyaaa.. saya sepakat.. amankan pertamax :D

  3. ODHA itu apa?
    *pasang wajah polos*

  4. siyal.. *tendang EL*…

    -PENERIMAAN SEUTUHNYA ADALAH HARAPAN MEREKA-
    JANGAN JAUHI ODHA HANYA KARENA MEREKA BERBEDA

    iya.. mudah diucapkan.. susah dijalankan… btw, mereka tidak berbeda kok…

  5. #EL aka CHiman | warnetubuntu :twisted:
    gak pengen tertular AIDS kan?
    *ngancem*

  6. #p4ndu_454kura
    Outbound kami… :D

    #warnetubuntu :lol: rasain! :lol:
    yup! ;)

  7. Jadi .. kamu ikutan outbond itu, karena ingin memperingati hari AIDS sedunia atau pengen liat yang ganteng2 ah??

    *siap2 lapor ke 49*

  8. @ warnetubuntu
    hiehiehei.. ya maap klo saya pertamax.. mgkn karna koneksi saya lebih kenceng dari situ.. :twisted:

    @ siwi
    ya sapa juga yg mau tertular AIDS? makanya, pilih yg aman2 saja.. jangan AC-DC, atau gonta ganti pasangan :D klo kepepet, ya gunakan si “karet melar” itu.. :P

  9. Saya malah belum pernah ketemu sama pengidap aids. Mereka ceria tidak?

  10. [...] ODHA ala Pramuka? [...]

  11. Saya malah belum pernah ketemu sama pengidap aids. Mereka ceria tidak?

    sahabat saya sendiri dinyatakan positif HIV/AIDS sejak sekitar setahun lalu… karena rumahnya jauh saya hanya bisa kontak telp saat dikabari ‘sakitnya’ tersebut oleh seorang teman.. setahu saya, sifatnya tidak berubah tuh.. cuman memang agak tertekan… dia meninggal sekitar 4 bulan yg lalu.. beberapa hari yg lalu adalah 100 harinya :( , dia punya istri dan satu orang anak.. yg sampai sekarang saya tidak tega untuk menanyakan apakah mereka ikut tertular…. :(

  12. wiiih… Siwi posting AIDS, Ngeriii……. :P

    tapi soal penerimaan memang betul Wi. aku sepakad……
    toh AIDS “cuma” penyakit. seharusnya perlakuan terhadap penderitanya tidak ada bedanya dengan orang pusing, sakit perut, anemia, dll

    • oklah kalau begitu

  13. sukses acara mu mau sore toh ?

  14. [...] ODHA ala Pramuka ? [...]

  15. ada skrinsutnya ga?

  16. siwi masih ikut pramuka ya ? :mrgreen:

    betul, jauhi penyakitnya dan jangan orangnya.

  17. selamat merayakan hari aids sedunia… mari mari sebarkan virus ini ke kerabat dan teman2 terdekatmu :p

  18. lho ketemu fahmi meneh? komene tetep podo =)) (ngguyu mahen wakakakakak)

  19. setujuu…
    sekalian salam kenal yah hehehe..
    eh postingmu gue link ya.. :)

  20. Yup, saya juga setuju…
    eh siw, emang pernah punya teman yang ODHA ?

  21. [...] Kita Peduli Dengan AIDS? – Hari AIDS Sedunia Diwarnai Aksi Damai – Hari AIDS Sedunia 2007 – ODHA Ala Pramuka – Kondom AIDS – Injury Time For AIDS – 1 Desember : Hari AIDS Se-Dunia – Tribute to HIV/AIDS – [...]

  22. kalo trainernya ganteng,kenalin dungk :oops:

  23. *mode jahat ON*
    trus, TM-mu yo opo? :twisted:
    *mode jahat OFF*

    Ya… Basmi HIV/AIDS dari Bumi!

  24. I have read your post and You can find a reply to your post here …

  25. AIDS = bATUK pILEK DAN SEBAGAINYA

  26. [...] Mrs. Fortynine says.. [...]

  27. selamat hari AIDS sedunia. wah aku telat maneeeehhhh…

  28. Padahal ODHA masih manusia juga, ya. :-?

    Hmm..waktu itu aku juga pernah bertaman dengan salah satu ODHA.

    Sekarang dia entah dimana… :-?

  29. sayah ingin belajar banyak dari ODHA..
    belajar tentang hmm mungkin kesalahan dan pengalaman mereka sehingga kita bisa menerima mereka sekaligus mampu menhindar dari ancaman AIDS

  30. #erander
    bukannya ikut Bang! tapi tiap hari saya bergaul sama mereka! :mrgreen:

    #EL
    dasar kamu inih…nyari kepepetnya aja! kalo menurut Siw sih, ya…lebih baik mencegah hubungan seks pranikah dan nggak make yang namanya obat obatan terlarang, apalagi yang intravena. Lha wong hubungan yang halal aja nggak njamin kita bebas dari penularan AIDS kok.. apalagi yang beresiko… ;)

    #Guh
    ah, mungkin amlah mas Guh dah pernah ketemu, tapi ndak tahu beliaunya kena AIDS apa enggak…
    karena, emang nggak keliatan kok bedanya orang sehat sama ODHA, kecuali kalo udah ketauan penyakitnya… :D

    #warnetubuntu
    setuju ama kamu, Net :mrgreen:
    mungkin akan lain jadinya kalau mereka nggak tahu apa yang sedang menjangkitinya… :(

    #mardun
    buwethul itu! apalagi AIDS juga nggak menular lewat pelukan, ciuman :mrgreen: salaman, dll…
    makan bareng juga ayo…
    so, apa sih, yang ditakutkan? karena kesalahan mereka di masa lalu? wajar kaleee… orang salah… ya enggak?

    #andi bagus
    alhamdulillah Pluk… :D

    #cK
    blom sempet transfer Chik… :D

    #Pyrrho
    masih donk Om… ;)
    betulll.. jauhi penyakitnya! bukan orangnya! :D

    #fahmi!
    anak ini emang minta digoreng kok… :mrgreen:
    *panggil Cak Sandy buat mbikin Fahmi goreng :mrgreen:*

    #de aka Mbok Dhe
    iki maneh! :mrgreen:
    pingin dadi Dena goreng ya Mbok? :lol:

    #rara
    yep! salam kenal juga… ;)

  31. Termenung ngebaca baris-baris kalimat tersebut. Mudah-mudah-an tidak cuma jadi hiasan di spanduk dan trainer-nya doang yaks ;)
    Ya, itu dia yang mereka butuh-kan. Kepedulian kita, kasih sayang kita, persaudaraan kita kepada mereka. Dan aku yakin itu lebih dari cukup untuk menambah semangat hidup mereka. :)

  32. # kudzi
    punya, namun saat ini sudah meninggal dunia… :(

    #danasatriya
    dasar homok! :lol:
    mereka gak bakal doyan ama homok macam kamu! :lol:

    # suandana
    *siyul siyul*

    #gofer
    thankz very much for comin’… :D

    #ndarualqaz
    betul… dengan efek yang berbeda…

    # venus
    berapa bulan Mbok telatnya? :lol:
    apakah ini berarti aku akan dapat satu ponakan yang ngganteng lagi?
    *kedip kedip*

    #Mihael “D.B.” Ellinsworth
    ya iyalah manusia… masa kucing… kalo kucing jadi KDHA donk… :lol:
    *maap OOT*
    mereka berhak mendapatkan perlakuan yang sama dengan kita semua

    #almascatie
    ah, tumben Mas, kamu agak bijak… :lol:
    yap! pada dasarnya, kita bisa belajar dari mana saja dan siapa saja, termasuk ODHA. sesungguhnya, banyaks ekali yang bisa kita ambil dari mereka… ;)

    #emus
    sudah termenungnya?
    kalo sudah, ayo laksanakan! ;)
    insyaallah tidak Mus…
    kita nggak punya harta yang banyak untuk membantu mereka, kita cuma bisa peduli dan memberi kasih sayang kita tanpa membedakan hanya karena mereka mengidap sesuatu yang membahayakan mereka sendiri. Setuju! :)

  33. halo… salam kenal. hehe tulisannya bagus…

  34. #queercurious
    salam kenal kembali… terima kasihhh… :oops:

  35. iya,tulisannya dalem
    sedalem samudra
    dan seluas pia keju malang..

    omong omong,kenapa simbolnya pita ya.. koq bukan rafia ato tali tampar? kan maco tuh..
    btw,saya bukan homok.. saya normal cui

  36. saya merayakan hari haid, aeh, hari aids dengan manggung di kampus

  37. #Joe edan
    ada penontonnya nggak, Joe? :lol:

  38. Siwi salam kenal dan salam Pramuka!
    Saya alumni ITS dan juga alumni 610-611.
    Dulu kegiatan Pramuka ITS banyak berhubungan dengan membina anak-anak sekitar kampus, apakah itu masih ada? Dan dulu sangat dekat dengan FASI, kita juga punya Saka Dirgantara. Apakah ini masih ada? Teknologi tepat guna juga dicoba untuk dikembangkan, bagaimana sekarang? Dan sekarang muncul kepedulian lain yang mewarnai kegiatan 610-611.
    Selamat berkarya!

  39. #danasatriya
    opo ae Daaaaan… :razz:
    kalo lambangnya Mie, entar kamu embat! :lol:

  40. [...] ODHA ala Pramuka? – Siwi [...]

  41. #kak sbaskoro
    Salam kenal dan salam Pramuka juga Kak! :)

    Saya alumni ITS dan juga alumni 610-611

    sungguh senang bisa bertemu dengan anggota keluarga besar …

    Dulu kegiatan Pramuka ITS banyak berhubungan dengan membina anak-anak sekitar kampus, apakah itu masih ada

    alhamdulillah masih Kak, tapi mungkin berbeda porsi… :(

    Dan dulu sangat dekat dengan FASI, kita juga punya Saka Dirgantara. Apakah ini masih ada?

    wah, saat ini teman teman lebih banyak intens di kegiatan Outbound, PPGD, wirausaha, Narkoba dan HIV AIDS

    Teknologi tepat guna juga dicoba untuk dikembangkan, bagaimana sekarang?

    semoga masih, kak… ;)
    dan saat ini teman teman sudah punya usaha yang lumayan membantu finansial gugus depan. gabungan usaha + teknologi… :D

    Dan sekarang muncul kepedulian lain yang mewarnai kegiatan 610-611.
    Selamat berkarya!

    terima kasih dukungannya Kak…
    kabar baik ini akan saya sampaikan ke anggota keluarga besar yang lain…

  42. wiiih, Siwi kali ini serius rek…… *terkagum-kagum*

  43. [...] Kita Peduli Dengan AIDS? – Hari AIDS Sedunia Diwarnai Aksi Damai – Hari AIDS Sedunia 2007 – ODHA Ala Pramuka – Kondom AIDS – Injury Time For AIDS – 1 Desember : Hari AIDS Se-Dunia – Tribute to HIV/AIDS – [...]

  44. Kunjungan pertama untuk Siwi.
    Salaman dulu yo.

  45. komentar telatt… gara-gara libur males … selamat kepada serdadu cantik pramuka yang begitu peduli dengan AIDS…

    *nglirik link treckback*

  46. @Guh

    Saya malah belum pernah ketemu sama pengidap aids. Mereka ceria tidak?

    saya banyak kenal dengan orang-orang yang terinfeksi HIV. Mereka yang bahagia biasanya adalah yang diterima oleh keluarga dan teman-temannya dan tetap diperlakukan sebagai manusia biasa.

    @Swiwi
    Hal terpenting adalah tetap menganggap mereka sebagai orang biasa dan tidak membedakan mereka hanya karena mereka tertular HIV.

  47. betul, saya sepakat soal penerimaan seutuhnya.

    paling gak membuat ODHA merasa ada yg peduli

    -lam kenal-

  48. #mardun
    kapan aku nggak seriyus Dun? :cool:

    #Hanna
    *salaman* ;)

    #kurtubi
    waks…trekbeknya nyampe Boz…
    makasih makasih…

    # itikkecil
    iyap! penerimaan seutuhnya…

    #rezco
    dan membuat mereka tetap semangat menjalani hidup, bukan begitu? ;)

  49. outbondnya berupa apa yah?
    terkait AIDSkah?

  50. #GRaK
    games games outbound biasa aja sih…bedanya, ya ada di pesan AIDS ituh…
    keren kok… secara anak PRamuka ITS gitu… ;)

  51. Right… ODHA jgn dijauhi dan jgn didiskriminasi… toh penularan AIDS gak gampang kok… butuh transfer cairan (darah, sperma, v-lubrication liquid, dll) dari penderita ke orang lain…

    so give them a hug… to raise their spirit :D

  52. Ade peduli, JANGAN buang ODHA tapi beri mereka tempat utnuk mengisi napas.

    -Ade-

  53. #Tito
    AIDS gak nular lewat internet kan? ;)
    setuju! give them warm hug…raised their spirit!

    #sat\yapKU
    setuju, De! :D

  54. Mari jauhkan diri dari AIDS. tahan sampe nikah dan jangan macem2 setelah nikah….. dan jauhi DRUGS. hehehe

  55. hari peduli aids yah .. ^^
    bagus ada kepedulian untuk masalah AIDS ..

    tapi saya mau tanya nih .. ^^ sejauh mana sih penanggulangan masalah AIDS di sana (SBY) ..?!
    disini (jakrta) juga ada beberapa organisasi sosial yang mendukung penanggulangan AIDS, termasuk Gubernur-nya sendiri … tapi …. kebanyakan lebih berorientasi ke komersialisasi .. tidak mengatasi tentang pemberantasan terhadapnya .. jadi, menurut saya adalah suatu kerja tanpa hasil .. zero point…

    maaf terlalu serius .. hihii .. ^^

    btw, makasih ya masukkanya chiw .. ^^

  56. halah embuh sak karepmu, pokok’e brantas AIDS dan brantas akar AIDS!
    btw, gak ada yang kasian ama virusnya ya! padahal dia gak brharap lahir ke dunia, dipaksa lahir malah dimusuhi dan diperangi.. hiks..hiks..hiks..

  57. ada afa ini? ada afa?

  58. ada bagi bagi kondom ndak disini?
    **celingak celinguk cari geratisan**

  59. # AdityaWirawan ;)
    setuju! karena nikah aja masih juga beresiko kok…

    # shige
    sejauh mana ya Ge? *susah njawabnya*
    hehe… kita sih, berbuat yang bisa kita lakukan aja dulu…

    # gempur
    gak usah ngamuk Cak… :lol:
    opo sampeyan sakno karo virus’e? hah? :lol:

    #hoek
    gada afa afa naks… :lol:

    #-tikabanget-
    *lempar sekarung penuh kondom ke jenk tika* :mrgreen:

  60. -60-

  61. eh lupa……

  62. :mrgreen:
    *nyengir*

  63. #almas
    mau dipotong yang bagian mana Mas? jadi berapa bagian? :evil:

  64. awawawawa…. keren… apa itu yg namanya trackback????

  65. #deteksi
    baca ini saja ya!

  66. Salam Pramuka!

  67. #Yeni Setiawan
    Salam!
    yaoloo… ini sandal tho? :lol:

  68. Salam kenal dengan mas UG ustad Gaul
    Saya banyak melakukan diskusi dengan temen-temen yang beresiko tertular HIV/AIDS. Untuk itu saya senang jika bisa diskusi di milis ini dengan temen temen.
    Sekarang HIV tidak hanya mengintai temen-temen pengguna napza/narkoba jarum suntik, PSK, pasangan sex sesama jenis atpi sudah masuk ke rum ah rumah anda.
    Kok Bisa ya bisa pintunya ada 4
    1. Melalui darah bisa dari jarum suntik bekas tidak seteril atau tranfusi darah}
    2.Sex yang tidak aman alias tidak menggunakan kondom kepada pasangan tetap yang sah atau tidak sah menurut kacamata UU perkawinan.
    3.Melalui persalinan normal bagi perempuan posittif HIV
    4.Melalui ASI.
    selain yang 4 pintu HIV tidak dapat ditularkan oleh karena itu seharusnya kita semua tidak perlu membatasi diri berhubungan atau bersosialisai dengan temen-temen pengidap HIV karena mereka sama dengan kita yang dapat berkarya dan produktrif. Jika bangsa ini dapat memberi dukungan dan terbuka tidak ada stigma atau cap buruk pada mereka dan tidak ada diskriminasi dalam segala hal maka ke depan penularan virus HIV dapat dieliminir.
    Untuk info lebih lengkap buka website Spiritia dan Stigma Foundation /our_stigma@yahoo.com atau KPAN
    Trimakasi salam hangat dari UG

  69. salam kenal yach bwt chiw imudz


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 71 pengikut lainnya.