TRG? Syapa takut?

untuk saat ini, (mungkin)  yang menjadi momok bagi mahasiswa tingkat 2 di Perkapalan ITS
adalah mata kuliah yang cuma 1 SKS tapi merusak sekian SKS yang lain . Mata kuliah ini berjudul TRG (Tugas Rencana Garis) atau istilah kerennya Linesplan.

untuk orang yang nggak tau, (mungkin lagi) akan timbul pertanyaan atau pernyataan: Ngapain sih, garis aja
pake direncanain? gak penting ah…

Menurut Mbah yang namanya tidak mau dikorankan di Blog-kan

 Bahwasanya tugas rencana garis yang untuk selanjutnya disebut TRG adalah mata kuliah yang penting dan menyangkut hajat hidup calon – calon arsitek kapal.  untuk pelaksanaannya, diserahkan kepada yang bertugas dengan pengawasan oleh Dosen Pembimbing yang selanjutnya disebut Doping, dan dengan resiko yang mau tidak mau harus ditanggung oleh yang betugas.

Dan bahwasanya apabila yang bertugas tidak mau melaksanakan, tidak dapat melaksanakan, atau tidak lulus  dalam pelaksanaannya, maka secara otomatis yang bertugas tidak dapat menjadi yang bertugas berikutnya dalam Tugas merancang yang selanjutnya.

Yap, begitulah sodara – sodara sekalian…TRG itu sangat plenting!
khususnya bagi Mahasiswa Perkapalan serta pacarnya Mahasiswa Perkapalan. Lho…apa hubungannya?

Saking pentingnya, TRG ini bisa mempengaruhi kondisi fisik, psikis, dan moneter ybs.
Contoh kondisi fisik teman – teman saya, khususnya yang ngambil TRG :

  •  mata merah, sebagai akibat  kurang tidur dan kebanyakan nonton bola
  • rambut acak – acakan, tentu saja akibat males sisiran.
  • badan kurus, akibat kurang makan atau kebanyakan mikir…(padahal mikir kan pakai otak ya?kok yang kurus badannya?)
  • bau badan tidak sedap, jelas karena malas mandi&bentuk penghematan terhadap air
  • baju kusut, karena tidak disetrika…

Kalo disimpulkan…semua itu aselinya bukan disebabkan TRG, tapi ya orangnya aja yang maunya kayak gitu… kekeke :-)

Kondisi psikis pengambil TRG

  • gampang marah
  • mudah tersinggung
  • suka Misuh-misuh (kalo yang ini sih emang udah tradisi, red)
  • suka nyentak – nyentak (=membentak,red)
  • terlihat sedih
  • sering terlihat Bingung
  • merasa capek (btw, capek masuk pisik pa psikis ya?🙂 )
  • sering melamun

Sedangkan kondisi Moneter pengambil TRG, sudah jelas :

  1.  BOKEK! ini berlaku baik untuk yang dapet gambar manual maupun gambar yang pake   AutoCAD. Dapet gambar manual bisa menjadi bencana kalo kebanyakan menghapus dan gambar komputer berakibat buruk kalo nggambar salah salah mulu, akibatnya, ngeprint – mulu juga…

Nah, begitulah efek dahsyat yang bisa ditimbulkan TRG, dan ini jelas2 akan ikut berpengaruh dalam kehidupan pacarnya mahasiswa. hehe…ok Lupakan pacar mahasiswa dan teruskan membaca…
Untunglah, saya boleh bersyukur ketika Doping saya tercinta : Bapak Wing Hendroprasetyo Akbar Putra, ST, M.Eng…seorang master jebolan Kanada…memberi kesempatan untuk nggambar pake kompi, sementara mayoritas teman saya musti nggambar pake penggaris, maal, dan hapus sana hapus sini yang keputusan finalnya adalah: kertas robek n nggambar again…:-). Dan keputusan nggambar manual nggak salah juga, coz ini demi orisinalitas& melatih kesabaran mahasiswa🙂

Dan saya patut bersyukur lagi, ketika ternyata Doping saya ini ternyata orangnya  perhatian banget sama  bimbingannya. Satu minggu sekali, saya diwajibkan asistensi dengan beliau, dengan catatan tugas saya HARUS sudah selesai pas menghadap itu. Kalau ada kesulitan, sebelum menghadap harus dikonsultasikan lagi dengan beliau. Agak sedikit berbeda ketika teman saya, mendapatkan Doping tertentu yang saking sibuknya, sampek temen saya itu nyaris ndak pernah ketemu& dari jaman Belanda yang udah selesai cuma Garis tepinya aja…hehehe:-)

So, meskipun semester genap udah hampir habis, dan TRG saya sudah hampir selesai (tinggal tahap penyempurnaan aja) saya rasa perlu membeberkan tips sukses ngerjain TRG. Sapa tau ada adik kelas yang merupakan calon2 korban  pengambil TRG, tips ini dapat dipake. Berikut tipsnya :

  1. Berdo’a sebelum pembagian Dosen Pembimbing (biar dapet Doping yang enak)
  2. Siapkan jurus meminjam peralatan ( untuk mengirit anggaran)
  3. Cari senior yang terlihat pintar&rajin, korek ilmu darinya. sukur-sukur senior tersebut cakep,  bisa jadi multivitamin.
  4. Jangan nggambar pake kertas padalarang, nggambar pake kain aja, biar gak sobek kalo kebanyakan dihapus (ini untuk yang dapet gambar manual)
  5. Manfaatkan jasa Lab Komputer atau Lab Design untuk nggambar (berlaku buat yang dapet gambar oto)
  6. Siapkan kopi instant, air hangat / air dingin/es, dan cemilan. Bukan untuk menggambar, tapi untuk nemenin begadang aja…
  7. Obat nyamuk bakar, semprot, oles untuk mengusir nyamuk2 yang ngganggu. Kalo nggak mau repot, bikin aja tulisan “Nyamuk dilarang Gigit!” di sekujur tubuh. Kalo masih ganggu juga, tangkep satu nyamuk, preteli ‘aksesori’nya, misal kaki, mulut, ato yang lain (asal jangan sayapnya)  n bilang ke nyamuknya : “kasih tau temen2mu yang lain, kalo ganggu aku terus,
    nasibnya bakal nggak jauh beda sama kamu” then  kembalikan nyamuk ke temen2nya.
  8. siapkan korek api, buat ngganjel mata, kalo mata nggak mau diajak begadang.
  9. Berdoa …lagi – lagi berdoa…semoga dapet kemudahan pas asistensi sama Dosen
  10. Berdoa lagi…biar lancar semua usaha…

Perhatian : tidak ada jaminan 100% berhasil dengan tips di atas, dan segala resiko ditanggung sendiri, saya nggak mau ikut – ikutan lho!

Oke…setelah yakin pada diri sendiri dengan segala persiapannya,
jangan takut TRG!!
trauma sih, boleh aja 
Sekalian doakan saya juga ya? biar sukses ujian TRG. Amiiin..

14 Komentar

  1. Tetap semangat TRGnya….
    ayo pilih siapa nih jadi Kahima Perkapalan??

  2. wah masih gak ngerti😀

  3. Saya dulu punya temen kost Perkapalan di Jln Kertajaya. Ciri-cirinya mirip seperti itu, mata merah, baju kusut, rambut awut-awutan, dll.
    Mungkin pas kena TRG kali ya?

  4. banyak2 berdoa, wi…penyakitmu semakin parah kayaknya, kekekekeke

  5. #arul
    Thankz, Bro!
    Calon Kahima? Milih Roy,Fais&Wahyu!
    kekeke…–> Lha emang calonnya itu kok…

    #co-that
    mau ngerti lebi lanjut?
    japri aja yah?
    kekeke🙂

    #cakmoki
    wah, bisa jadi tuh, Pak! Tapi ada yang lebih parah, bisa jadi temannya Pak Cak itu lagi kena TM I,II, ato III.
    tiga terakhir yang saya sebutkan itu udah stadium lanjut kak…diiringi menurunnya kekebalan tubuh…

    *berusaha nyambung2in kapal ma kedokteran*

    #joesatch
    makasih, Joe….tapi ngomong – ngomong…penyakitku sing endi?

  6. Masih ada di kurikulum ya? Jadi ingat, teman-teman kapal dulu… Kasihan juga, sih… Ada yang sampai dipaksa keluar gara-gara gambar itu. Padahal tiap hari bawa tabung gede (isi kertas gak karuan) n tabung pendek (isi obat sakit kepala)

  7. lewat apa neng japrinya??😀 ?? ada YM??

  8. #jelas masih ada…dan harus tetap ada…(masa saya doank yang ngerasain susahnya?hehehe)
    mungkin dia gak dipaksa keluar…tapi memaksakan diri untuk keluar…:-)

    #co-that
    imel aja kali ya?
    imel ma YM sama kok…ke profesor_mars@yahoo.com🙂

  9. alo siwi

  10. busyeeeet. ngomongin kuliah ternyata……

  11. #Fathoni
    halo juga Mas…
    gimana kerjaan di BKI?

    #Neo Forty-Nine
    Lha emang ams ngiranya apa Lho?

  12. ga papa. kukira ngomongin masalah lamar melamar……..

    *gubraks*

  13. wik..triknya makin berkembang rek…lumayan lah..for better world we have to sacrifice our pleasure
    trik pake lampu n kaca ga dsibutin..rek..

  14. selain tugas gambar-nya sendiri, ada yang lebih mendebarkan..
    dulu waktu masih mahasiswa, ada juga ujian tugas gambar yang nilainya digabung dengan ujian TA, sampai saat ini masih ada kah?
    dan itu bukan hal yang mudah,kita harus menguasai seluruh materi ke-perkapalan dari awal sampai TR 5 (sekarang cuma 4 ya?)
    lebih nglambyar n tidak fokus..so hati-hati kepleset..
    VIVAT!!!!!!


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s