Help me, pLizzz…

Halo…

Siapapun yang membaca ini, Anda sudah ditakdirkan untuk membantu saya. Akan ada karma tersendiri yang akan menimpa Anda jika Anda pura – pura nggak baca tulisan ini. Soal karmanya, saya nggak ikut – ikutan sih, cuma ngingetin aja kok…
Lagian, membantu dalam hal kebaikan kan nggak melanggar ajaran agama,toh? Tanya aja ma  AbuGosokAlDenpasariy ini.

Jadi begini teman, beberapa hari yang lalu, saya ditanya oleh seseorang yang sangat saya hormati. Beliau bertanya seperti ini :

OYSH(OrangYangSayaHormati) : Tujuan Hidup Kamu apa?
SYMB(SayaYangMenghormatiBeliau) : Saya pingin seneng,Mbak. Pin sukses dengan cara saya sendiri. Dan akan menyenangkan kalau saya bisa bermanfaat bagi orang di sekitar saya.
OYSH : cita – cita kamu sendiri, apa?
SYMB : pinginnya sih, jadi dosen SeaTrans Mbak…
OYSH : itukan profesi…
SYMB : profesi kan salah satu jenis cita – cita juga Mbak…
OYSH : gini lho…tujuan hidup kamu ini lho, untuk apa sebenarnya?
SYMB : masih sama dengan yang tadi. Saya pingin seneng & sukses, dengan cara saya sendiri,serta pingin juga bermanfaat bagi orang di sekitar saya
OYSH : ada nggak rencana yang sudah kamu buat untuk mencapai itu?
SYMB : ( Bingung ) Gimana ya?secara kasar, mungkin ada. Tapi bisa dibilang juga saya nyaris tanpa perencanaan,Mbak…ya saya jalani aja gitu…mengalir seperti air. Kadang sih, sering ikut ego juga…

berikutnya masih panjang. Cuma saya cut sampek disitu saja.
Kenapa sih, saya butuh bantuan temen2 sekalian, coz dalam hal tujuan hidup, saya ada pendapat sendiri mengenai itu. Saya yakin, tidak saya aja yang kebingungan njawab  secara filosofis ketika ditanya ‘apa tujuan hidupmu?’ bahkan, ada yang lebih buruk : tidak tau apa tujuan hidupnya. Saya tidak asal njeplak dalam hal ini, karena saya sudah membuktikannya, melalui survey kecil – kecilan yang saya helat di kampus dan sekitarnya.

Tidak sedikit jawaban berbunyi seperti di bawah ini :
“Halah…opo ae…nikmati aja hidup, gitu aja kok repot!”
“Ngapain juga mikir berat kek gitu?Masi banyak yang perlu dipikir lagi”
“Menjadi orang sukses baik di dunia dan akhirat!”
Namun hanya sedikit yang menjawab seperti ini :
“Hidup agar berguna bagi orang lain”
“Menjalani ajaran agama,Donk”
“Hidupku untuk Agama & Bangsaku”

*ps:
-pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling
-jumlah pasti responden tidak ter-record dengan pasti.

Oleh karena itu pembaca, siapapun anda, saya mohon bantuan untuk ‘memberi pencerahan’ tentang tujuan hidup anda dan kalau tidak merepotkan, sekalian langkah apa aja sih, yang sudah Anda jalankan…Saya yakin anda – anda yang nge-blog disini bukan orang biasa…hehehe…

Nah, terima kasih banyak, teman…saya harapkan responnya…
🙂

17 Komentar

  1. bagus..!! semangat wi!!!

  2. Untuk pertama, kita kudu mulai dari yg sederhana. Menjadi dosen adl awalan yg bagus. Lho, itu kan profesi? Benar. Tapi bisa dibikin jadi cita2. Tinggal kita lengkapin aja.

    “Apa sih yg mau diraih ketika udah jadi dosen?”

    Nah, artinya jadi dosen SeaTrans (artinya apa; saya ndak tau:mrgreen: ) adalah sarana untuk meraih cita2 yg sebenernya.

    So?

    Ketika saya sudah jadi dosen, saya pengen berkontribusi bagi dunia sains Indonesia dg menghasilkan jurnal ilmiah tentang [………]. Lalu saya pengen berkontribusi buat mahasiswa saya dg menginspirasi dan mendampingi mereka dm menciptakan gagasan2 dan solusi2 praktis trkait dg bidang keilmuan. Hingga kemudian saya bisa mengumpulkan komunitas sains dalam bimbingan saya sebanyak sembilan ratus orang, itu yg di Surabaya saja.

    Rasa senang dan sukses saya adl ketika saya bisa menjalani semua itu, bukan dari berapa banyak penghargaan yg saya terima. Bagi saya, melakukan semua itu, mjd berguna bagi orang lain adl bentuk ibadah. Dan memang saya meniatkan itu semua utk ibadah. Dari situlah kemudian kebahagiaan saya juga datang. Sehingga hidup bagi agamaku dan bangsaku bukan sekedar ucapan pemanis di bibir saja.

    Intinya, Wi’. Profesi adl sarana utk meraih cita2😛

  3. hidup itulah tujuanku :p kalau ibaratnya sungai, akhir dari perjalanan aliran air memang laut.
    tapi kita lupa bahwa, saat perjalanan dari hulu ke hilir ada banyak keindahan yang bisa kita nikmati, ada pohon, ada batu, ada sawah menguning, atau ada juga binatang2. jadi intinya perjalanan itulah tujuan yang sebenarnya. jadi dalam perjalanan hidup selalu isi dengan sesuatu yang berguna, baik itu membantu orang banyak, menjalani agama atau apapun yang akan membuat perjalanan itu indah! sehingga kita bisa kembali bersatu dengan laut akan penuh kesan yang indah yang bisa kita nikmati!! sejauh ini itulah yang aku pahami dari perjalanan yang belum selesai ini hehehehhehehe *sok mode on lagi*

  4. tujuan hidup yah ibadah, dengan cara banyak mungkin yang paling mudah senyum🙂 , membuat orang sisekitar kita senang, atau menjadi orang kaya sehingga bisa lebih banyak beramal, pada dasarnya apapun bisa dibuat menjadi ibadah asallkan niatnya baik dan yang kita lakukan juga baik untuk orang lain

  5. Wah, tumben nih postingnya serius begini. Baru turun dari Semeru ya? Apa bener yang nulis ini Siwi?

    Bagi saya, hidup itu adalah berjuang. Berjuang untuk menghadapi kesombongon, kemalasan, ketamakan, dan kedengkian. Kalau sukses, maka hidup kita akan menjadi kebahagiaan. Kalau kita bahagia, maka apa yang kita lakukan akan selalu membawa kebaikan buat dunia. Dan, pada akhirnya, kita akan bisa mengakhiri hidup dengan tenang.

    Gitu… anyway, ini adalah pendapat pribadi. Kalau tidak setuju, tidak usah diprotes ya…

  6. #iwan cakep
    thankz

    #Guntar
    nah…gaya bicara (juga nulis) seorang motivator emang beda!
    intine, saya bener ya?menurut saya tentunya…
    +menyimpulkan sendiri+😀

    #susiloharjo
    waw…thankz share nya…

    #suandana
    iya, bener…ini yang nulis Siwi, tapi gatau, lagi kaslupan sapa pas nulis ini…
    saya gak potres kok mas….selama tujuan hidup anda tidak untuk menganjingkan sesama manusia…saya sih oke – oke aja…
    :grin

  7. hmmm..

    jawaban untuk “help me pliz” adalah “call 911” :p

    semangat de, let it flow juga everithin’ dah ada yang ngatur.. selama usaha sekuat tenaga to achive it🙂

  8. Walah..heheh sama sieh saya juga sempet bingung kayak gini.. klo yang kemarin itu emang lagi down aja😀 klo tujuan hidup saya..saya pengen mensyukuri semua pemberian tuhan dalam hidup..saya pengen pelajari kebesaran2 tuhan.. saya pengen jadi orang yang berarti buat orang lain.. heheh muluk2 sieh ..mudah2n kesampean ^ ^

  9. hm.. tujuan hidup?
    bagi saya adalah menyiapkan yang terbaik agar kelak bisa tersenyum manis saat menghadap tuhan ^_*

  10. Halah kok yo ndadak repot2…
    Cita2 saya kan jadi dosen….
    “Maksudnya tujuan hidup (untuk mencapai surga kali ya..) kamu apa? Dan apa yang kamu lakukan”
    Jawab saja gini…
    Mbak, bukankah berbuat kebaikan dan memberikan ilmu yang bermanfaat merupakan salah satu jalan menuju SUrga (kali ye…)…
    Jadi dengan satu cita2 saya tsb (menjadi dosen) maka ada dua pulau yg terlampaui, yaitu pulau duniawi (punya pekerjaan, duit dll) dan juga pulau akherat (berbuat kebajikan, memberikan ilmu yg bermanfaat dll)
    Gitu aja kok repot…

  11. tujuan hidup????
    setelah nanya kesana-sini, kemara-kemari, ngetan-ngulon, ngalor-ngidul, munggah-mudhun pokoke njajah deso milang kori, berpetualang di dunia persilatan, maguru nyantri nyekolah n nguliah sarto glidhik demi setumpuk berlian, terbersit dalam pikiran buat aoa sih semua yang kulakukan?
    Jarene ono sing ngomong, urip ki nggo ngibadah, lah jare pak ustadz ibadah itu bukan tujuan hidup, tapi tujuan penciptaan manungso lan jin.
    surga dan bidadarinya??? ah masak sih demi itu, kalo surga tujuannya Rasulullah SAW dan dan para Sahabat nabi, telah dijamin masuk surga, tapi beliau-beliau terus menjalani hidup dengan falsafah beribadah seakan mati esok dan bekerja seakan hidup selamanya….
    Lah terus buat apa dong hidup iki, nggo opo to urip iki, apa nanya pak guru urip aja yaa??
    setelah proses pencarian yang puanjanggggggggggggggg dan lamaaaaaaaaaaa………….
    terrrrnyataaaa!!!
    hidup ituuuuu……
    adalah…..
    buat…..
    untuk….
    kanggoooo….
    for…………………
    …………………….
    …………………………
    …………………………

    buat apa yaa???????🙂 🙂 🙂 🙂

    TUJUAN HIDUP ADALAH UNTUK MENDAPAT RIDHO ALLOH SWT.

    yaa!!! tanpa Ridho dari Alloh, tak ada satupun apa yang kita kerjakan ini berguna….

    caranya? carane piye??? but how?? lha terus kepriben carane sonn???

    buat PR aja yaa???

  12. Wah udah kebacut mbaca, jadi takut kena karma,ya tak jawab sak kenane ajha ya.
    Tujuan hidup saya agar semua aktifitas tubuh saya baik itu dikala duduk,bangun,berdiri,dan dalam tidur sekalipun, selalu berdzikir.( silahkan cari literatur tentang penjabaran berdzikir secara luas ya…hehehe).
    Dah gitu ajha, udah gak kena karma. Bye.

  13. gampang!!!!
    Bertanyalah pada ahlinya

  14. Seorang Siwi mengeluarkan postingan seperti ini? Keren! Akhirnya ada peningkatan…
    Jawabannya ada di dalam hatimu. Untuk melihat ke dalam hatimu, lihatlah orang-orang di sekitarmu.
    Dariku pribadi, hidup (bagaimanapun) haruslah berguna bagi orang lain. Itu menjadi bagian dari doaku setelah shalat, menjadi orang yang berguna bagi orang lain. Sepertinya simpel ya? Pelaksanaannya yang susah, apalagi kalau kita tidak tahu mau menjadi berguna dengan cara seperti apa… Aku dalam perjalanan hidupku, mencoba merintis, menjadi orang berguna…

    *Kangeuun sama si Mbak!*

  15. #danasatriya
    yea!saya orang yang semangat terus kok Mas…

    #chielicious
    yaya…mempelajari kebesaran Tuhan dan selalu bersyukur emang sering banget kita lupakan. Berguna buat orang lain?ahh…kenapa niru saya sih Mbak…?
    hwehehe5005x…

    #Yeni Setiawan

    hm.. tujuan hidup?
    bagi saya adalah menyiapkan yang terbaik agar kelak bisa tersenyum manis saat menghadap tuhan ^_*

    hmm…menyiapkan yang terbaik?boleh juga…

    #deking

    Jadi dengan satu cita2 saya tsb (menjadi dosen) maka ada dua pulau yg terlampaui, yaitu pulau duniawi (punya pekerjaan, duit dll) dan juga pulau akherat (berbuat kebajikan, memberikan ilmu yg bermanfaat dll)

    sip! gini inih kalo pak guru udah ngomen.
    btw Pak, saya tiba2 ingat sama pengalaman SD saya dulu, pas masi katrok n gatau peribahasa.
    Sekali merangkuk dayung…….
    Lha titik – titiknya itu saya isi sama tetap merangkuk dayung😆

    #mas agus

    TUJUAN HIDUP ADALAH UNTUK MENDAPAT RIDHO ALLOH SWT.

    biar dapet Ridlo Allah gimana mas?

    #Lilik

    Tujuan hidup saya agar semua aktifitas tubuh saya baik itu dikala duduk,bangun,berdiri,dan dalam tidur sekalipun, selalu berdzikir.( silahkan cari literatur tentang penjabaran berdzikir secara luas ya…hehehe).

    selalu berdzikir?
    hmmm…

    # Luthfi
    aku wis nanya mbah Gugel,Pi…tapi jawabane terlalu akeh n mbingungke…

    #wiraprasetya
    *timpuk Tiok pake printer*

    Dariku pribadi, hidup (bagaimanapun) haruslah berguna bagi orang lain

    itulah misiku juga…

  16. tujuan hidup: berkembang biak

    .. halah …

  17. wah arek its yo….. podo ambe aku dulu… wis wis… kuliah ae rek ojo aneh aneh yo… mbah wis ngerasani piye dadi ne kalo kuliah gak bener hehehehehehe


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

