Aku [coret]tidak[/coret] Bangga jadi Orang Indonesia!

lucccu…

Semua berawal dari koran Jawa Pos. Koran yang punya 3 ruang utama : Jawa Pos, Metropolis dan Olah Raga itu memberi informasi penting dan membawaku ke arah penyadaran, terutama ruang terakhir : Olah Raga.

yap!dari ruang OlahRaga itulah aku menemukan iklan film yang tayang di bioskop2 surabaya maupun malang. Dan mataku yang jeli menangkap sesosok Bruce Willis dan tulisan pendek tapi akrab : DIE HARD 4!!!
Sebagai orang yang sibuk tidur kerja, otomatis nontonnya malem donk…siang mana sempat?

heheh…lebi baik langsung ke inti ceritanya aja ya?

DIE HARD 4 ini masih tetap dibintangi mas Bruce, yang berpura – pura jadi John Mc Clane. Bedanya, di pilem ini dia keliatan tuaaa…banget! tapi masih tetep ngganteng. (udah tuanya aja ngganteng, apalagi jaman mudanya dulu yaaa???dari Btyop )
Mc Clane punya anak yang sexy cantik tapi galak, namanya Lucy. Lucy ini calon – calon anak yang durhaka, bahkan nggak mau ngakuin nama ‘Mc Clane’ dibelakang namanya. Untung saja saat itu bukan momen Malin Kundang, jadi John Mc Clane (selanjutnya kita sebut Pakde John) nggak sempat ngutuk Lucy jadi batu atau kodok.

images.jpeg

Nah…keren kan, mas Bruce yang pura- pura jadi Pak De John ini? Walo keliatan dekil n berdarah – darah di sana sini, orang ini tetap keren…

back to the film…
film ini diawali munculnya cewe Asia yang lumayan cantik, dan belakangan diketahui namanya Mai. Dengan headset nangkring di kepalanya, dan monitor di depannya, Mai tampak seperti customer service , tapi tidak…Mai bukanlah CS, apalagi CSnya Telk*m…

ini lho Mai

Terjadi dialog – dialog singkat, serangkaian kode – kode angka yang hilir mudik tampak di monitor depannya. Dari gelagatnya aja, si Mai ini bisa ditebak bukan orang dengan itikad baik. Dan memang, Mai yang kolaborasi sama Gabriel, cowok putus asa yang napsyu banget pingin ngerusak negaranya sendiri demi sebuah pengakuan dan tentu saja, uang.

Gabriel (selanjutnya kita sebut Mas Gab) yang juga hacker ulung itu diceritakan sebagai mantan Partner Bowman di Departemen Pertahanan AS. Dari awal, Mas Gab udah memperingatkan kalo sistem keamanan komputer AS itu lemah, namun yang lain milih cuek n nggak ngegubris. Mas Gab malah tersingkir, karir n reputasinya ancur cur cur! Berawal dari itu, dendam kesumat itu, mas Gab bersumpah akan membuktikan bahwa dia bisa dengan mudah melumpuhkan sistem keamanan Amrik.

iki Cak Gabriel.Sangar yo?

Mas Gab yang juga bekerjasama sama beberapa hacker handal itu rupanya merasa terancam dengan fakta bahwa masih banyak juga hacker lain yang bisa menghambat mereka. Satu demi satu hacker dimatikan,euh…maksutnya dibunuh…dengan cara yang apik : dikirim virus ke kompi mereka, n Bhummm!!!mereka akan meledak dalam sekejap saat mereke -sengaja atau tidak- menekan tombol Del pada pc ot notebook mereka. salah satu hacker yang lolos dari maut ini adalah Matthew Farrel (selanjutnya kita sebut Cak Matt), hacker kelas kakap yang jadi incaran utama Mas Gab dkk. Beruntung, Cak Matt duluan ketemu sama Pak De John, yang ngelindunginnya abis – abisan.

kalo yang ini Cak Matt…

Perkenalan tokoh selesai, dan maaf saya ndak sempat dapet fotonya Mbak Lucy.

Jadi begini…Mas Gab dan kroninya yang tentu saja canggih itu berhasil menyusup ke dalam sistem keamaan komputer di departemen – departemen vital AS. Dalam beberapa detik, sistem itu kacau dan membuat panik petinggi – petinggi termasuk FBI. Gaswat!mereka benar – benar diserang secara besar – besaran! dan saat itu mereka masih belum tau kalo musuh sebenarnya adalah Mas Gab, orang yang pernah berpartner dengan mereka.

—sementara itu, perburuan terhadap Cak Matt yang gagal meledak & Pak De John masih tetap berlangsung—

Mas Gab dkk menguasai kendali transportasi sentral dan segera mengacaukannya. Lampu lalu lintas yang satu dan yang lain nyalanya bareng. Jadi, kalo di kertajaya menuju barat nyala ijo, yang menuju Galaxy Mall juga nyala ijo. Akibatnya?tentu saja tabrakan yang hueeeebat…braakkk…gedebukkk…bhummm….Tidak hanya lampu yang dikuasai, jalur kereta monorail juga diekndalikan mereka.Dengan sekali tekan enter saja semua sistem bisa dengan mudah berubah dan dikendalikan.

itu baru tahap awal…. berikutnya gedung – gedung diteror dengan ancaman Anthrax yang tentu saja mbikin panik dan pasukan – pasukan dikerahkan. (weks,semuanya berlangsung cepat anget Rek!saya sampek iri, mengingat silup kita datengnya nyaris ga pernah ga telat kalo ada kasus yang bener2 butuh mereka ). Gerombolan Mas Gab juga ngancem mau meledakkan Gedung Putih, dan hal ini mbikin orang2 geram, tentu ajalah…

Berikutnya, mereka bobol sistem keamanan finansial mereka, dan hal ini menimbulkan kekacauan yang cukup luar biasa untuk merepotkan petugas di kantor dinas2 di AS. mas Gab dkk juga melumpuhkan satelit dan sistem telekomunikasi & jaringan radio AS. Praktis, secanggih apapun HP Anda, akan jadi rongsokan tak beruguna saat itu. Kalopun berguna, mungkin hanya buat nimpuk orang yang sampeyan benci. Nah, menurut Cak Matt <strike>yang juga mantan bajingan</strike>, hal ketiga yang akan dilakukan Mas Gab dkk adalah menghentikan pasokan gas, air, nuklir dan sistem energi lainnya.

Semuanya berlangsung lancar, kecuali saat Cak Matt yang bermodalkan PDA, menyusup dan berusaha menggagalkan Mas Gab dkk. Saat itu, ada dua duel yang berlangsung bersama – sama. Duel otak antara Cak Matt dan programmernya Mas Gab, dan duel fisik orangnya Cak Gab melawan Pak De John. Mas Gab dan gerombolannya, hampir berhasil membobol bank – bank se AS saat Cak Matt menyusup dan mengacaukan kode – kode -yang saya rasa Joe atau Tyok yang lebih tau-

—ugh!capek nulisnya!—

Udah ah, langsung ke hal yang berhubungan sama judul aja deh… banyak hal yang muncul di otakku selesai nonton pilem itu. Hal – hal yang memaksaku berfikir bahwa ternyata selama ini aku kurang bersyukur sebagai orang Indonesia. Dan ternyata aku memang harus bersyukur menjadi orang Indonesia.

betapa tidak? seandainya semua sistem di negara kita ini dikontrol dengan sistem komputerisasi, maka dapat dibayangkan akan sering sekali terjadi hal yang terjadi pada pilem tersebut.

Untunglah…sistem transportasi kita masih manual, jadi ndak sampek ada hacker yang nyusup repot – repot mikir kode hanya biar terjadi tabrakan besar – besaran. Lagian, nggak usah dikacaukan juga udah terjadi tabrakan sendiri kok.Percaya deh…

Mekanisme penyaluran air, listrik, gas dan benda – benda vital kita juga ndak perlu canggih canggih…yang penting bisa dipake dan aman ajah. Ingat…semakin tinggi teknologi yang kita gunakan, resikonya juga makin besar…bangsa kita belum siap untuk itu…

Kalo nabung, gak usah repot – repot ke Bank…mbikin akun dsb. Cukup beli celengan model ayam jago yang dipersenjatai dengan bawang putih, jarum dan cermin, uang kita akan aman dari pencurian makhluk sejenis tuyul atau gendruwo bokek.

Nah, melihat semuanya itu, bagaimana bisa saya tidak bangga dengan negara saya ini?

ps: Gambar Pak De John,Mas Gab,Mbak Mai, n Cak Matt dari Mbah Gugel
Emoticon lucu dari sini

56 Komentar

  1. wew…belum nonton…

    hehe, emang masih serba manual, tapi klo otomatis seru juga kan? ya tapi security nya ya…harus extra boss..

  2. jah…panjang aje…komen dulu aja yak:mrgreen:

  3. lha itu kan papakuw….
    papa wilis :p

  4. tumben gak ono potomu😛

  5. bener chiw…bener…
    bener-bener belun baca postingannya.. huekhehehehe
    panjang amiiitttt… :p

  6. mudah2an g telat beli tiketnya kayak kemaren mo nonton transformers, dateng jam 6.30 berharap bisa nonton jam 7.15, eh ternyata tiket mulai sore jam 5 sampai malam jam 9 HABISS!!! ….

  7. mending nonton Hantu jeruk purut.. wakakakak

  8. #tyo
    Nah itu dia!security!
    bangsa kita belum siap…

    #cK
    wah, Cik…keknya kamu butuh gelar baru…
    Chika=miss tukang komentar😆

    #ekowanz
    jadi, ini wilis junior?

    #Luthfi
    Potoku? hah?mosok ora ketok Pi?
    siji – sijine gambar sing tak wenehi judul : Iki lho Mai
    iku kan aku Pi…😆

    #Sezsy
    iyah…saya emang suka yang panjang – panjang…
    buktinya, rambut saya yang sekarng panjang Lho…

    #sandynata
    makanya Mas…kalo mo nonton tar malem, pagi2 kudu udah ngantri…

    # arul
    hantu jeruk purut?
    hantu yang buat nyembuhin batuk ama sakit tenggorokan itu yah?
    ato hantu yang suka masak?

  9. UNTUNG??? UNTUNG BANGET JADI ORANG INDONESIA???

    Halaaaahhhhh…. Great Posting! Asem!

  10. walah, saya mau nonton, malah takut die beneran… gak punya uang

  11. aku ra mudeng
    sampeyan ngomongi aku tho
    yo tak tompo wae
    mang duwe bakat dadi artis

    hahahahaaaaaaaaaaa

  12. hackere tampangnya kurang cerdas.
    saya jauh lebih pantas…

  13. dan maaf saya ndak sempat dapet fotonya Mbak Lucy.

    Lha ini yang penting kok malahan bisa kelewatan gitu😀
    BTW kayaknya bagus ya film “Angel banget matiné”

  14. wekekeke..

    begitulah indonesia..

  15. *mode Alhamdulillah ON*
    Masalah yang berkaitan dengan judul, ya… Alhamdulillah. Ternyata masih sadar. Soal ketidakmampuan bangsa ini dalam menangani teknologi tinggi, ya… Alhamdulillah juga. Ternyata masih ada untungnya, seperti yang sudah dipaparkan dalam posting nan panjang itu. Jadi, ya… Alhamdulillah masih bisa komen.
    Terakhir, makasih Wi… dah dikasih resensi. Yosh, cari filmnya ah…
    SEMANGAT!!!

  16. Itu judunya sengaja digituin.kok coretnya ga sempurna?????

  17. Lha? Kebanyakan bicarain felemnya ketimbang judulnya…

    Malah bikin aku penasaran pada awalnya ^^;

  18. belom nonton juga,,
    kemaren malah nonton transformers

    Cukup beli celengan model ayam jago yang dipersenjatai dengan bawang putih, jarum dan cermin, uang kita akan aman dari pencurian makhluk sejenis tuyul atau gendruwo bokek

    Sudah berapa lama hal itu anda lakukan?🙂

  19. Ahh…bruce wilis…*botak pisan…*……Bagusan mana wik…sama anak2 dari Borobudur…*halah…perbandingan yang tidak seimbang..* itu kamu yang main ya Wik…*nakanak Borobudur maksute…*..kamu jadi stupa yang dijejer…heee

    Pilemnya mirip minority report ya…?Tapi film paling cihuinya bruce tetep the sixth sense bukan begituhhh… Ya tapi ni film lumayan rating coment-nya dapet 69 dari http://www.metacritics.com daripada Pirates 3 yang cuma dapet 50….nonton ahhh

  20. iya, enak jadi orang indonesia, masih bisa numpak dokar karo ngantuk😛

  21. Mas Gab dan gerombolannya, hampir berhasil membobol bank – bank se AS saat Cak Matt menyusup dan mengacaukan kode – kode -yang saya rasa Joe atau …..

    Ngga bener itu…! sumpah ngga bener…! itu fitnah yang kejam jika bilang dia ahli kode – kode itu…
    Dia mah senior ra lulus2… wakkakakakakaaa…..

  22. wedehhh mbak siwi lha kalo bukan kita yang bangga, siapa lagi??? tul gak?? btw nongton yang buatan lokal juga dunxx biar makin bangga sama endonesya nyah… contohnya “maaf menghamili istri anda” emang gak se’okeh dan se’jempolan DIE HARD. tapi cukup kok bikin kita senyum dan mikir ampe pala senut2 😀

  23. yaiyyy…ga nyangka judul begitu trnyata ngmongin pelm tohh…..
    kirain another protest of government’ bad service…
    ah die hard 4 blon nnton nihhh~

  24. wah dowo bgt
    males komen.
    huhuhuhuh

  25. siw..terlalu panjang bisa ‘membunuh’ lhow…
    huehehehe
    bajakan sudah tersedia (dan bagus) belun???

  26. Jgn jd WONG DESOOO yg ga mo nerima teknologi gitu dong.
    ngeliat negara ini seharusnya prihatin, bukan bangga karena ketertinggalannya.

  27. nonton… enggak…. nonton… enggak…. nonton… enggak…. nonton… enggak…. nonton… enggak…. nonton… enggak…. nonton… enggak…. nonton… enggak…. nonton… enggak…. nonton… enggak…. bingung??

  28. Sudah NONTON MAK LAMPIR Dan Brama Kumbara Belom..? kalau belom berati ketinggalan zaman >>> wakakakakak…

  29. ya emang gitu……………

  30. #manusiasuper
    terima kasih…terima kasih… ^:)^
    saya rasa Anda harus ikut bersyukur juga…😀

    #ndarualqaz
    gapunya duit?cari temen Anda yang punya kartu mandiri, ajak dia nonton.
    pasti sampeyan dapet gratis tuh…kan kalo beli pake kartu Mandiri, beli 1 tiket dapet 2*

    *= berlaku untuk hari senin ajah…

    #bagussugiarto
    ini maksutnya apa ya?

    #Shelling Ford
    iyah…kowe lebih pantas Joe?pantas dadi opo???

    #deking
    iya, Mas…baguz banget!
    bener – bener angel banget matine kang Mc Clane iku…

    #zam
    yaaa…begitulah…

    #suandana
    smangat juga Mas!!!

    #Neo Forty-Nine
    iya, sengaja kok…:-D

    # Lee Shan-in
    Lha eseline emang mau mbicarain pilem kok…:-D
    cuma judulnya aja dibuat Lain…
    keknya gak seru kalo judulnya : resensi pilem Die Hard 4.0😀

    #Heri Heryadi
    baru nyoba nih,Mas…😆

    #TheGoeh
    Anak2 borobudur?blom nonton tuh…aku kan gak kayak kamu, yang kerjaannya nonton terushehe5005x…
    menurutku ya ini pilemnya mas bruce yang paling okeh…

    #cakmoki
    wah…pak Cakmoki sering yaaa???

    # kudzi
    untuk kali ini, saya sepakat dengan anda, BungKudzi…

    #della
    iyak! anda benar!!!
    hm, boleh deh…ntar kalo udah senen Lagi, tak coba deh…nonton si Ringgo😀

    #9racehime
    iyah…judulnya aja kok yang beda…😀

    #Pu!
    dasar!dadi wong kok males banget tho?

    #Sezsy
    saya sih, ndak suka nonton bajakan,Mbak Sez…
    *sok idealis*
    saya lebih suka ditraktir, hehe5005x…

    #Irwan
    ada masalah dengan wong deso?saya emang wong deso kok Mas…
    lagian, kalo bukan kita yang bangga, sapa lagi yang bangga sama bangsa kita sendiri???
    Lagian, bangga kan bisa mendorong / memotivasi kita biar lebih maju lagi…
    kalo terus – terusan dihujat, apalagi sama warganya sendiri, bisa – bisa malah minder…
    aaarggh…maksutku…don’t u get the mesej?

    # rd Limosin
    nonton!!!!

    #rivafauziah
    udah pernah, n lagi – lagi, kedua pilem tersebut bikin saya bangga!
    gimana ndak bangga?ternyata bangsa kita kaya akan orang – orang sakti…

    #ekowanz
    emang gitu apanya Mas?

  31. belum nonton nennngg……
    cuma bisa melongo baca ulasannya..😦

  32. absen ah…

  33. hm……ci imutzz…
    boleh ikut ngemut gak?
    cK…cK…cK

  34. Nice blog ! Salam kenal yaah. Artikelnya menarik, lhoh!

  35. pakdhe john…aku padamuuuuuuuu………………..

  36. heuhuehueh setujuh saja lah saya mah😛 ..memang sieh yah bangsa kita belum siap ..tapi kayaknya udah menuju ke arah2 situ tuh😀 bersiap2lah untuk kemajuan teknologi chiw.. meskipun gak sepesat negara onoh~ waspadalah waspadaa..!! *apa sieh enih?*

  37. Die Hard?
    Dapatkan di share2an terdekat di kampus anda…
    wakakaka….

    Filmnya premier kamis, senin udah ada di kampus….
    Masih belum nonton seh….

  38. #diditjogja
    buruan Mas…
    keren Kok!
    ketimbang Transformer, mending yang ini…

    #antobilang
    *celingak celinguk cari anto*

    #st. of darkness
    boleh aja…nih…
    *nyodorin sendal*

    #Redaksi Dewa Dewi
    wew…thankz Loth udah mampir sinih…

    #venus
    mbok…simbok…sadar mbok…
    kendalikan napsyumu dirimu…

    # chielicious
    siap,Mbak Chie!
    *mengepalkan tangan, bersemangat*

    #dnial
    hwehehe5005x…
    dasar tukang bajak!
    buruan nonton,Dan…bagus kok…

  39. chiw, gue udah nonton HARRY POTTER!!!!
    horeee horeee horeee!!! seneng abis liat yayank daniel radcliffe maen pelm

  40. hidup pilem ! ….😀

    *apa coba maksudnya …. hehehehehe*

  41. Baru baca bener bener, ternyata Om Bruce dan Die Hardnya.

    Kalau di Indonesia jelas hackernya yang bakalan pusing sendiri, mau nyabot Kantor pemkot??? Ternyata kompt-nya masih pentium 1 semua yang ga ada koneksi inetnya. ha ha ha ha

  42. ceritanya keren deh…tp lom nonton…hehe

  43. Cukup beli celengan model ayam jago yang dipersenjatai dengan bawang putih, jarum dan cermin, uang kita akan aman dari pencurian makhluk sejenis tuyul atau gendruwo bokek.

    di amerika memang ada tuyul??????? anyway….. good review, jadi pengen nonton….

  44. kalo ga bangga jadi orang indonesia ngapain masih hidup di indonesia? haha

  45. tadinya males mo lihat ‘gak ade matinye’ – a la die hard.
    tapi kok setelah baca resensinya kok jadi pingin liat ya.

    padahal pasti si pakde john yang menang.
    wah, si chiwimudz membuat saya berubah pikiran.

    tentang Indonesia, bangga ga bangga, terserah diri sendiri.
    aku malah mikirin film die hard-nya…

    saya baru pertama mampir ke sini.
    salam kenal.

  46. #cK
    wwaaaaa….senengnya….
    sodaraku udah nonton pujaanya pacarnya maen pelem…

    # jurig
    wah…si teteh…

    #Neo Forty-Nine
    ini namanya penghinaan ini!
    *lapor walikota*

    #kump45
    jelas keren lah…yang cerita aja keren…

    #itikkecil
    adalah…
    Lha emang tuyul itu cuma seneng di Indonesia to Mbak?

    #Anang
    Lhaiya…

    # munggur
    wah…*pipiku memerah*
    salam kenal juga…
    buruan nonton Die Hard!!
    *harusnya pihak die hard mbayar aku ini*

  47. pihak die hard yang mana ya?
    *aku ga ngerasa harus bayar ke chiw tuh : gaya jadi pak de jhon*

  48. spoiler!!!!

  49. jadi inget BLIND …😆

  50. He he he, berat emang tuh pilem klo di itung mundur sama negara kite…lha wong baru 60 taon merdeka…emm tapi udah seharusnya ada keseimbangan ada yg lebih tinggi ada yang rendah bair ada pengakuan klo sama semua kan ga ada artinya….

  51. temanya sih menarik, tapi masih terlalu ngayaL deh. padahal aku suka banget ama trilogy diehard yg sebelumnya… difilm ini cuman aksi laganya aja yg lumayan, btw masih kurang greget… ga ada tokoh nJengkelin macam diehard 1 n 2….

    Cuman….
    yach cuman seh..
    Kalo di Indonesia sih gak perlu jadi hacker u/ mBoboL bank, cukup modaL jeruji sepeda dah bisa mBoboL ATM, mau pake telp gratis? IM# dah terlalu sering kebobolan…

    apalagi yach?

    srootttt…
    jebul ijik umbelen
    mulih ah

  52. #almascatie
    huh!
    pak dhe John…
    kowe kurang sekse dadi pak de john…

    # rifu
    *siyul siyul*

    #jadi inget BLIND …
    pormosyi lagi si Teteh…😀

    #bakti
    anda benar, saudara…

    #superdeuthman
    menurutku, itu nyaris logis loh…dan bisa ngasih ide buat penjahat dn penjahit disana buat beraksi…😀

  53. seandainya semua sistem di negara kita ini dikontrol dengan sistem komputerisasi, maka dapat dibayangkan akan sering sekali terjadi hal yang terjadi pada pilem tersebut

    Pake komputer aja bisa dibobol…..
    Apalagi manual….!!!!!:mrgreen:

    Tapi saya sih berpendapat bahwa sudah saatnya kita melakukan komputerisasi di segala bidang. Tuntutan bekerja secara cepat dan efektif saat ini sudah di luar kemampuan manusia.

  54. dalam hati bertanya-tanya:
    1. kapan film produksi indonesia bisa sekelas hollywood?
    2. kapan para PNS kita bisa secanggih pegawai pemerintahan amerika?
    3. emank kita mau gini-gini terus?

  55. Walah… resensi die hard. Judulnya kaya orang mau demo.😆

    He eh, seru dan puas nontonnya. (Halaah) Beneran jadi ingat sama negeri sendiri…
    Dan kaya biasa, khas film Amerika, perlu penokohan satu pahlawan buat nyelamatin negara.😛

  56. nyaris logis sih tapi nyaris aja…
    karena kenyataannya lampu lalulintas dan pengaturan gas (atau apa ya? yg bisa bikin meledak itu?) tidak diatur oleh kompie….


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s