How to Keep Survive!

Kenapa saya memilih tanda seru untuk mengakhiri judul entry saya kali ini? yap!tidak lain dan tidak bukan adalah, kalo diganti tanda tanya, jadinya saya bertanya donk? lagian keknya lebi enak pake tanda seru kok…

anonim: gag lucu!gwaring! 

Huh…biarin aja sama yang  gag setujuh. Yang jelas, pokoknya™ saya mau kasih tips buat bertahan hidup alias keep survive di tengah kejamnya kota Surabaya.

Hidup di kota, apalagi yang sekejam Surabaya, memang membutuhkan sesuatu yang serba ekstra. Dana ekstra, iman ekstra, kesabaran ekstra, dan ekstra – ekstra yang lain. Dalam hal ini, termasuk juga ekstra joss…yang ditambah es…wuaaah…segernya…

Nah, buat anda, terutama yang merasa mahasiswa dan hidup pas pasan di kota kejam berjudul Surabaya, jangan sedih, apalagi sampek nangis meraung raung di tengah Tugu Pahlawan atau puing Pasar Turi bekas kebakaran kemaren.

Tolong, jangan sekali kali berkata “kewajiban orangtua kan nyekolahkan anak” di postingan saya kali ini. Lha wong wajib belajar Indonesia aja cuma 9 tahun kok, mana boleh anda nuntut mintak dibiayai sampek kuliah? masih untung ortu mau mbayari sampek eSeMa… Maaf, ini hanya untuk mahasiswa dengan kondisi ekonomi menengah ke bawah, yang udah mampu…ya…boleh ngikut boleh nggak…

Sudah saatnya menjadi orang mandiri dan tidak bergantung dari orangtua. Usia bertambah, harusnya kemampuan otak berkembang seiring dengan banyaknya informasi yang kita terima. Paling enggak, jadi lebih bisa diajak mikirlah, walopun nekat…ehehe…Surabaya ini kejam, dan jangan sampe termakan kekejamannya.

Berikut cara – cara bertahan hidup (secara ekonomi, atau bahasa Indonesianya : cari duwit) di Surabaya

1. Jadi Guru Privat Umum.
cara paling gampang buat nyari duit. Kalo mau agag susah, mikir, dan agag keren, carilah murid yang lagi sekul SMA. Lebih bagus kalo dia kelas 3 atawa hampir lulus…
Dijamin bakal nambahi stress!!!terutama kalo murid tercinta itu tidak terlalu pintar. Dengan resiko itu, anda biasanya akan diupah kira kira 30 ribu/ jam.
sebaliknya, kalo mau nyante…cari aja anak eSDe…gag perlu mikir berat berat. Yang berat disini adalah cara menakhlukkan si murid itu sendiri. Gak jarang, Anda harus rela berbasah keringat untuk sekedar menangkapnya dan menyekap membawanya pada tempat yang tepat. Untuk hal yang lumayan menyiksa ini, Anda akan dibayar kira kira 20 ribu/jam.
kalo yang tingkat kesulitannya sedang…ambil aja murid SMP, dengan tingkat kesulitan yang sedang, dan Anda akan dibayar sekitar 25 ribu/jam
Oia, mendingan gausa gabung dengan bimbingan belajar, coz kita lebih flexibel dan klien gag perlu bayar lebi mahal. Gaji yang kita terimapun gag disunat.

2. Jadi Guru Gambar
nyaris sama dengan guru privat. Bedanya apa sih? secara konsep hampir sama, cuma beda kasus aja kok. Gambar yang dimaksud disini adalah gambar dengan bantuan kompi, saat ini, yang lagi ngetren adalah Autocad
untuk jadi Guru gambar ini, yang harus Anda bisa adalah tentu saja, nggambar pake sofwer berjudul Autocad.
awalnya, saya melakoni profesi ini, terinspirasi seorang senior yang melakukan hal yang sama.
Untuk ngajarin otoked ini, anda bisa dapet 50 ribu/jam! ohoho…
cuma ya itu…harus sabar…sekali lagi…ekstra sabr…apalagi kalo yang diajarin ini bilangnya iya iya mulu, disambi SMSan or motretin yang ngajar (secara yang ngajar orangnya cantik seh)

3. Jadi agen pulsa
anda punya hempon™?yea…knapa gag manfaatin gadget yang satu ini? sejelek apapun itu hapeh, jika dalemnya berpulsa, maka tidak akan susyah lagi anda untuk mengeruk uang darinya. Kalo belom mampu jadi agen, ya beli aja yg kecil dulu. Pulsa 50 ribu bisa menghasilkan laba 15 ribu loh! tinggal strategi anda aja…hohoho…:twisted:

4. Jadi penulis atawa cerpenis dadakan.
gag harus terkela dulu kek Djenar Maesa Ayu, Sutan Takdir Alisyah Bana, Bang Toyib atau penulis lainnyah untuk mengeruk sedikit uang…
cukup jadi penulis cerita cengeng dan agak njijiki (ingat:cerita cerita kek gini lumayan digemari remaja – remaja kita), 85 ribu bakal mengisi rekening sepi kita, tentu saja kalau cerita kita dimuat.

5. Jadi loper koran
ini tidak saya rekomendasikan untuk yang bermasalah dengan kendaraan bermotor ataupun jalan raya rame dan rawan kecelakaan. Dan penghasilan yang didaptkan cukup kecil 60 ribu/minggu, sangat kecil kalo dibandingkan dengan resiko2nya.

6.Kerjalah di CoCoNet:mrgreen:

Semua tips di atas sudah pernah saya coba. Sangat membahagiakan ketika kita bisa bertahan hidup dengan usaha kita sendiri, tentu saja tanpa mengesampingkan pihak lain. Itu sedikit saja trik agar bisa bertahan hidup yang didefinisikan dengan nyari duit. Masih banyak bertahan hidup versi lainnya.Semoga suatu saat saya masih sempat nulisnya…

ps: mata uang semuanya dalam Rupiah. ya iyalah…mana mungkin Dollar?

59 Komentar

  1. pertamax
    *tolah tole*

  2. UUP (Ujung – ujungnya promosi)

  3. kalo sedikit berilmu, cari proyekan😈

  4. wekekeke… terpaksa mampir sini.. lha wong di-spam lewat YM..😀 …………………… :ngacir:

  5. absen dulu ah komennya belakangan
    :mrgreen:

  6. nambahin dikit..

    >>>> 3. Jadi agen pulsa <<<:)

    klik dimari ya..😛

    numpang promosi pisan aq yow, nduk..😀

  7. jadi guru musik ga ada ya?😀
    lumayan lho:mrgreen:

    *kabuuuurrr sebelum ditimpuk piano*

  8. Hidup di kota, apalagi yang sekejam Surabaya

    dari dulu emang kejam… kejamnya surabaya…. makanya aku ga mau tinggal di sby.. di malang aja😀
    pilihan enam kok ga ada penjelasan… *curigation mode on*

  9. CoCoNet itu dimana?

  10. oh coconet itu warnet lambat super-menjengkelkan itu ya?

  11. koq di surabaya guru les bayarnya tinggi yah???
    jadi ngiri….

  12. *siap2 bikin lamaran buat ngelamar jd opis boy Coconet

  13. #almascatie
    arek edyan!

    #Mihael “D.B.” Ellinsworth
    enggak kok,DeBe…

    #vend
    ehehehe…pernah juga kok…cuma itu agag nggak umum…

    #CHiMaN
    heh?
    spam?
    emange aku tau nyepam?
    *siyul siyul*

    #Fajar
    dasar anan bandel!

    #CHiMaN
    moh…pulsamu larang larang!😀

    #cK
    boleh juga…
    *nimpuk cK pake piano sebelom kabur*

    #almascatie
    Malang lebih kejem lagi
    kekeke
    emang sengaja gag dikasi penjelasan kok…
    biar nanya sendiri😀

    #dnial
    Keputih,Mas…

    #antogirang™ yang serba menjengkelkan
    iyo mas…

    #superkecil
    mangkanya, jadi guru les ajah….:-D

    #Om Sulis
    *siap siap nolak berima Om Sulis*

  14. @ CHiMaN :
    aku juga jadi korban spam🙄
    juragan pulsa numpang ngiklan😆
    starone 25 sama m3 25 juga man, seperti biasa, ngutang dulu..😆

  15. ealaaaa…uakeh duwike arek iki. pantesan nantang arep nraktir simbok di excelso TP. lebaran sebentaaaar lagi *siyul2 gembira*

  16. pamer avatar dari blog temporary:mrgreen:

  17. #vend
    nyampah!:-D

    #simbok venus
    sugih Mbok…sugih aku! sugih utang tapi😆
    jarene kenek tipes…wes waras tah?

    #cK
    coklatnya enak…hhmm…

  18. siwi ki sugih BOJO

  19. bisa autoCAD, ya? kereen

  20. #anung
    ngerti ae Nung…tapi sayang, aku ra minat karo GG* koyo kowe…😆
    *guyon guyon nung*

    #tito
    yo bisa to mas…panganan sehari hari kok…
    aku malah nggak iso nggambar koyo njenengan…
    ajari po’oh…

  21. jadi malu, selama ini saya belum bisa mandiri, hanya hidup ngandelin pemberian tuhan…. hiks…

    *kerja lagi*

  22. nomer 7: nglamar detik surabaya
    nih alamatnya:
    Jl. Prof Dr Moestopo No 11 A Surabaya
    Telp: (031) 5021631 Fax: (031) 5021631
    Email: redaksi[at]detiksurabaya.com

  23. Apakah ada lowongan kerja buat diriku kalau aku ke Surabaya Say?

  24. wuuuuw….tumben rodo waras sitik postingane :p wekekke….
    *serius ga becanda* wahahahaha…..

  25. satu lagi tipsnya , pakelah esia. Ho…ho…ho….

  26. wah, rame juga komentarnya. sayang aku ga bisa bahasa jowo heheheheeh, sekalian silaturahim aja sama semua blogger jawa timur. memang buat survive di abad sekarang tidak mudah….kita perlu berguru pada orang bijak abad ini juga supaya solusinya releven dengan apa yang kita alami saat sekarang. aku mau ngasih sedikit kata bijak…………”das Leben ist nicht einfach zu leben, aber wir müssen gehen, wohin der Wind durchbrennt und folgen dem Fluß”………….kayaknya perlu deh aku belajar bahasa jowo supaya aku ngerti ungkapan mereka, aku salut sama orang jowo. salam kenal ti pribados……..assalamu’alaikum.

  27. oiya pasar turi kan wis bar

    trus arek surabaya belanjane piye siw ?
    :mrgreen:

  28. jadi guru privat boleh juga tuh, apalagi yang diajar anak sma atau awal2 kuliah yang hobi ngobrol, biasanya lebih banyak ngobrolnya daripada belajarnya, he he hee:mrgreen:

    tambahan : jadi penerjemah, lumayan juga apalagi kalo pake software trus diedit2 dikit

    *pernah jadi tukang terjemah & guru privat panggilan..*

  29. Jadi translator udah, nglesi privat udah..(lebih ke tempat penampungan curhat anak ABG yg lagi kasmaran…padahal sang guru jg gak tau mau komentar apa..),bikin desain udah,…ada yang mau ngajakin main sinetron gak..ya minimal sintron di Indosiar yang pake nyanyi n silat gak jelas..hee..,…di Coconut…heee nrima pgawai yang bisa-nya cuma ngeblog gak..?…
    ya..paling gak minimal bisa ngtur waktu cos skali kita ngenal duit kayaknya we ask more…dah kuliah agak keteteran..heee…

    Heee…hidup coconut…kapan coconut bikin undian berhadiah supra fit

  30. gak keren kabeh

    gajine sithik kabeh

    kerjo rekoso kabeh..

    mendingan dodol “ayam”.. cepet laku, laba banyak, kerja cepet (short time), kerja enak..

    gimana?

    Mau?

    parapap em pa rap.. *bekson*

  31. ada yg mau kursus autocad sama saya ngga ? … aku kasih bonus 3dsmax deh … hehehehehe ..

    btw, pernah ngajar autocad juga ya wi ? … sesama pengguna autocad dilarang saling mendahului😆

  32. cabe dehh…..
    peromosi gila2an…..

  33. Surabaya….. oh Surabaya, satu kota yang saya sudah bersumpah tak akan sudi tinggal di sana……

    tambahan, jadi pengusaha loundry aja, kalo gak punya mesin cuci, cuci pake tangan aja…. hehehehehe
    kalo liat tampang siwi sih, dicocoknya jadi satpam aja………bruak, ….. wadaow lari….. ditimpuk pake meja…………

  34. Tips no. 7 : Jadi manajer kodok!😆

  35. Mending melu proyek wae… Kerjo gampang, bayaranne lumayan. Sing penting, ojo gelem dadi asisten praktikum. Menang keren thok😀

  36. bocah sarap!
    mending dolanan gugel atsens. 20dollar dalam waktu kurang dari 2 minggu

  37. Nitip absen ya

  38. # Guh
    yaiks…
    lha bukanya pekerjaan juga pemberian Tuhan yaks?

    #arya
    aku wes ngerti dodol!!!
    kantor yo wes eruh…
    dasar tukang pormosyi!😈

    #Neo Forty-Nine
    tentu saja sayang…

    #ekowanz
    siyal!
    Lha kamu kira selama ini aku gak waras, gituh?😈

    #danalingga
    dibayar brapa sama esia, Dan?😀

    # Saktian
    iya mas, makasih kunjungannya.
    kalo mau belajar bahasa jawa, bisa sama saya kok…
    kekeke

    #Fajar
    sik akeh pasar liyane Jar…

    #macanang
    yayaya…penerjemah…
    eh, penerjemah bahasa isyarat ada gak ya?
    kira2 bayarannya berapa ya?

    #TheGoeh
    ono GuH!
    dadi stuntman! stuntman wong bunuh diri seko lantai 13…:mrgreen:
    gyakakakaka

    #zam
    wong lek ra nggenah yo pancen koyok kowe iki zam…zam…

    #Luna Moonfang
    jangan mau kursus sama Teh Jurig!
    sama saya aja hohoho
    sampek skarang saya masih ngajar otoked juga kok Teh…

    #grace
    pormosi gila gilaan apanya neng?

    # ndarualqaz
    bagaimana jika takdir memaksamu untuk tinggal disana?😀
    siyal!satpam?orang anggun dan manis seperti sayah?😈

    #Takodok!
    jadi pembunuh kodok bayaran aja Mba…😆

    #suandana
    wekekeke
    aku yo emoh dadi asisten kok…

    # Shelling Ford
    opo se Joe…?

  39. #erander
    wah wah…kok penggeweane nitip absen terus tho…
    lulus mau jadi apa kamu, By?

    *dihajar bang eby*

  40. Halah coconet lg yg dibahas.. :p

  41. #Anang
    maaf ya…sayah cuma mbahas how to keep survive kok…
    *siyul siyul*

  42. @Chiw:
    Kok ujung2nya selalu promosi😀
    @Superkecil:
    Lha bayaran les privat di Jogja juga lumayan lho…
    Saya dulu paling kecil 30 ribu….rata2 50 ribu dan bahkan ada yang kasih 250 ribu/jam ketika kasih les adik kelas superkecil (waktu saya sudah pindah kerja lho, karena pantangan kasih les privat untuk siswa/i sendiri)

  43. Tukang Parkir saja…

  44. @ mansup
    ehm..di parking area?😛

  45. chiwiiiiii….. aku mo protes…

    kok avatar kamu ngenes banget sih, kamu kok jado macho, katanya kamu mau berubah jadi cewek….. bikin aku bingung…..

    sok bingung……..

  46. Mau buka rumah makan kaya’ Pandanwangi .. bisa ngeliat orang2 kopdar hahaha

  47. wuih… banyak juga ya sampingannya, tapi kok ada sedikit bau promosi ya ?

    surabaya kejam ya ? lebih kejam mana sama jakarta ?🙂

  48. assalamualaikum wr wb
    mau ndak jadi pemerah susu sapi di peternakan kakek ku
    he he he

  49. weh kapan ganti gambar imej hider rek…
    uapik tenan.. kentara kaya nyonya 49 bener dah :mrgreen:

  50. euh… kucingnyah jadi penonton di hedernyah… hidup memang keras..😥 bertahan hidup jauh lebih keras lagih… hikz

  51. # deKing
    ah, masa sih?
    ehehe…nggak kok mas, itu emang beneran kok…
    betewe, untuk bayaran ngajar, ya jelas beda, mahasiswa sama nyang udah s1…Abang ini gimane sih?

    #manusiasuper
    *siyul siyul*

    #antogirang™
    iyelah…masa jadi tukang parkir di smoking area?

    #ndarualqaz
    eh…ngenes? :tiwsted:
    itu kan foto cowokkuh!
    *marah marah sama ndaru*

    #erander
    boleh boleh…saya bersedia jadi menejernya Bang😆

    #fertobhades
    iya Om…
    bau promosi apa ya?
    eh, kalo Om Fertob butuh guru privat gambar, hubungi saya yah?
    kalo yang inibener2 murni pormosyi:mrgreen:

    # cucu Wakdul Somad
    waalaikumsalam wr wb
    ndak, selama masih ada pekerjaan lannya😀

    #almascatie
    dasar wong boros!
    wes gambar, ono imej maneh! *geleng geleng*
    sopo dulu sing nggambar???*nyombong, dibunuh Anto*

    #sikabayan
    iyah…Lucu ya Bang?
    kok nangis gitu sih?

  52. ternyata ujung-ujungnya promo lagi…. tapi kok yang nomor 6 tidak ada penjelasannya…
    pro dan cons nya apa… terus duitnya berapa…. tidak adil nih, masak yang lain ada penjelasan yang nomor 6 gak ada…

  53. Ah,…. kerja do CocoNet aja ah !

  54. […] ni anak goyang-goyang ya udah saya posting disini tapi karena kelupaan linknya… dari pada kena hajar karena “copas” tanpa kasih tau sumbernya ya saya posting aja lagi dah.. […]

  55. Wis bosen Cak urip ning Suroboyo. Saiki lagi blajar menikmati hidup di Kota “Kembang” Bandung. Akeh cewek geulis-geulis Cak…. Hahahaha….

  56. urep nak suroboyo isin yo ga mangan, setubuh neh, cos gue juga pernah mbabu kayak lu, pernah jadi tukang ketik ngentri 500 lembar n cuma diupah 100 rb perak… susah jadi orang melarat..

  57. yang pertama sudah saya coba
    kayanya jadi tutor ber jenis kelamin pria-macho-tapi.kurang.ganteng itu membuat nasib tak mujur..

    nasib😥

  58. # itikkecil
    ehehe…sengaja diset kek gitu kok Mbak…😛

    #sagung
    kene…kene…ra dibayar gelem koen?😀

    #adi-wiyono
    aku cewek Cak…kok diceluk ‘Cak’ seee…😥

    #brewok
    weew…sejenis rupanya…
    makasih udah berkunjung…😀

    #danasatriya
    *ngakak aja*😆
    kok jujur banget to Mas?

  59. Yo emoh rek


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s