Kenapa ya?

Pernah susah tidur? gelebak gelebuk kesana kemari, nyoba segala posisi, miring, tengkurap, nugging, telentang, masiiii juga a badan ini nggak mau diajak yang namanya tidur. Mata mau sih, merem… merem aja tapi, bentar lagi melek lagi…

Ah, susah!susah!susah!
padahal, yang namanya tidur itu udah jadi kebutuhan primer saya selain sandang pangan papan dan pulsa. Apalagi untuk anak usia pertumbuhan seperti saya ini, terganggunya tidur sama saja dengan terganggunya semua siklus kegiatan dan metabolisme (halah). Apalagi, minggu ini banyak kuliah yang kosong, yang itu artinya : jam tidur saya jauh lebih berkurang lagi! Teganya teganya teganya…

Kata si eMus™, gejalaku ini namanya insomnia (saya juga udah tau, Mus!:mrgreen: ) dan banyak hal yang saya lakukan untuk melawannya. Oke, saya terbiasa tidur dini hari antara jam 2 – 3 lantaran terlatih sejak ada TM dan bloger bloger gila yang sering ngajak konfren malem malem:mrgreen:. Berbagai cara juga sudah saya tempuh. Main barbel sebelum tidur, joging dari warnet sampe kost, olahraga ringan di kamar, juga mandi tengah malam sebelum tidur, ternyata masih belom berhasil menidurkan saya sebelum subuh…

Setelah nemu di wiki, wah…penyebab insomnia ternyata macem macem… diantaranya (diterjemahkan semau penulis sendiri):
1. Obat psikoaktif atau stimulan, obat herbal, kafein, kokain, ephedrine, amphetamines, methylphenidate, MDMA, methamphetamine and modafinil *mulai males nerjemahin*—saya jelas jelas ndak make ini
2. pergantian hormon — mungkin
3.Masalah psikologis seperti ketakutan, stress, kegelisahan, tekanan emosi atau mental, masalah pekerjaan, keuangan, kehidupan seks yang tak memuaskan😯 —apa ini?
4.Kekacauan mental seperi depresi klinis, dan lain lain😆 — enggak deh…
5. Ganguan ritme ‘circadian’ dst… aaaah… saya males nerjemahinnya lagi…
dan sampe sekarang masih mikir, apa gerangan yang membuat saya tidak bisa tidur sebelum subuh, dan baru terlelap saat jarum jam menunjukkan pukul 6 pagi…
Mana minggu ini banyak gak kuliahnya lagi (emang biasanya enggak ya?). Dan itu artinya apa? tepat:jam tidur saya berkurang drastis.

Sementara aktivitas terus menuntut badan yang fit, kantong menuntut tetap diisi, kuliah menuntut untuk didatangi, meski perut sudah semakin malas untuk diisi. Yap!nafsu makan saya turun drastis, meski nafsu minum tidak. Dan hal ini sepertinya memang memperburuk kondisi saya. Mungkin ada positifnya sih, saya bisa nyoba menurunkan berat badan yang sudah tak terkendali ini😀. Tapi tetep saja, badan saya lemes! lebih baik saya tidak usah makan seharian daripada tidak tidur seharian. FYI, anak kucing yang sekecil itu saja butuh 16 jam sehari untuk tidur. Apalagi saya yang anak manusia dan sebesar ini! *jangan dihiraukan yang ini*

Saya coba petakan masalah, namun sayangnya, peta itu belom selesai, keburu ada kegiatan lain yang harus segera dilakukan😀. Yang jelas, faktor panasnya surabaya bisa jadi salah satu kambing hitam😈.

Hm…saya coba list deh :
1. Kangen Orang tua *tapi kan udah telpon, masa kangen aja sampe gabisa tidur sih?*
2. TM yang tak kunjung selesai…
3. Nyamuk yang tiba tiba aja rajin mengunjungi kamar saya seminggu terakhir. padahal kamar udah bersih dan rapi serta wangi
4. Proker organisasi yang tak kunjung terealisasi
5. Warnet yang mendadak dikunjungi setan setan kecil pembuat kerusuhan dan memaksa saya marah marah setiap hari pada operator maupun setan setan kecil itu.
6. Saluran telepon warnet yang mendadak diputus dengan pesan: disuruh menyelesaikan administrasi, padahal saya sudah bayar😦 apa perlu saya bayar lagi?
7. Mantan yang mendadak sering telpon pagi pagi buta dan jelas jelas memutus semangat hidup saya hari itu juga
8. Orang di seberang pulau yang kadang membuat saya pingin menelan manusia dengan mutilasi 99x
9. Masalah di blogosfer yang kadang terbawa sampe dunia nyata.
10.Pertentangan batin dan kebimbangan memilih meskipun indikator sudah jelas.
11. Lho? kok banyak sih?aaaaah… gatau deh…

MakCak… help me poo… pake bahasa manusia aja njelasinnya ya?:mrgreen:

97 Komentar

  1. mikirin apa sich?😀

  2. Kayanya mantan deh yang suka telpon sehingga…
    itu membuat hormonmu mengambang mengempis
    heheheh🙂

  3. #Fortynine
    tau’…

    #Kurtubi
    emang ada hubungannya antara mantan sama hormon ya Om?😀

  4. minum susu biar cepet tidur,..
    pa lagi susu hangat fresh from d’owner
    halah!

    intinya susu hangat lah!

  5. coba minum kafein (kopi)
    biasanya gw malah pules tidurnya

  6. ho, lali … iki bloge arek jowo yo
    koq nganggo lu gw
    hihiihihihiih

    kakean pikiran kuwi
    mulane dirampungke/digarap siji2

  7. ndak usah tidur semaleman, trus seharian aktivitas, dijamin malam selanjutnya tidur pules..😆

  8. minum obat tidur…

  9. pake LELAP, cukup 20 butir x 1 tenggak, di-jamin mak nyosss😈
    *up, up, and away…kaburrr*

  10. Mungkin mantannya tinggal di Amrik, jadi disana siang…
    Salam

  11. minum lel…
    err… ngiklan ya?
    gak jadi kalo gitu :p

  12. wes rasah dipikir..aq ki yo sakjane insomnia, ming yo ra tak pikir :p

  13. minum coklat (campur pake apa aja juga bisa asal jangan pake kopi/penambah stamina)…

    latihan memfokuskan pikiran, menenangkan diri, dlsb. caranya coba latihan diam (duduk diam) selama minimal 15 menit nggak ngapa-ngapain.

    latihan yoga dan pernapasan, banyak caranya di internet. yang ringan-ringan saja, nggak usah yg sampai jungkir balik…🙂

    sebelum tidur jangan berpikir bahwa “saya harus tidur”. tidur nggak bisa dipaksa karena dia akan datang dengan sendirinya. asalkan badan sudah tenang dan pikiran sudah tentram maka tidur bisa terjadi dgn sendirinya.

    matiin hp dan segala sesuatu yg bisa membuat kita terbangun tiba-tiba.

    kalau belum bisa tidur juga, hubungi dokter/psikolog terdekat…. yg di blog jg boleh..:mrgreen:

    dan yang paling terakhir dan paling penting :sayangilah pacar anda…:mrgreen: *halah*

  14. haaah, ternyata saya punya teman senasib….. baru 3 hari lalu aku bisa tidur lebih dari 2 jam sehari.

  15. kalo pengen bisa tidur, ada tips, ngerjain tugas akhir atawa skripsi aja, pasti cepat terlelap

  16. H3TR1KS

  17. sebelum tidur harus niat dulu biar jadi tidur klo ga niat tidur yah g bisa tidur, makanya jangan kelamaan jadi anak pramuka jadinya ya ky gitu itu jadi kalong, kalau aku biasanya kalau g bisa tidur baca sambil tiduran, tau-tau bukunya dah mbaca orangnya alias ketiduran he3. Salam dari kaltim nih jauh khan.

  18. saya juga sering begitu siw…
    tapi bedanya saya tahu kenapa saya susah tidur, yaitu aku sering sakit perut, perih rasanya…, jadilah subuh baru enakan tidur…

  19. tanda2 kegilaan semakin parah! ati2 loh! saya juga akan ati2 kalo ketemu sampean! jgn sampe tertular gila!

    Selamat gila!

    *angkat sarung, manjat tembok, kabuuuurrr!*

  20. No 2 iku…wi’ bneeran sumpah yang nomer 2….*teriak2 sambil ngacungin parang*….

    Atau kebanyakan press conference dan kunjungan…kan celeblog gitu loh..eh kamu ikutan celeblog dance ae wi’ pasangan ambek mas anang….gimana..?

  21. Setuju sama TheGoeh… Gara-gara TM… Wis biasa kok… Mengko nek wis mari TM-mu, dijamin bakal mak slep bablas begitu menyentuh bantal. Survei membuktikan…

  22. untung sayah dah normal

  23. hmm.. tanda tidak bahagia? katanya parameter bahagia itu mudah, yaitu enak makan dan enak tidur….

  24. Berfikir sumeleh wae. Segala yg menyibukkan diri dan masalah yg kita hadapi, sungguh mudah bagi Alloh utk menyelesaikannya. Ingat bahwa masalah kita amat kecil, dibanding dengan jutaan bahkan trilyunan manusia di planet ini dan niatkan semuanya hanya karena ibadah kepadaNya. Sungguh sia-sia segala sesuatu tanpa ruh ibadah. Ok, have a nice time…

  25. Biasanya tugas yg belon selesei bikin sulit tidur bwt workaholic , perfeksionis , dan orang yg bertanggung jawab.

    Nah, Siw termasuk diantara ketiga orang itu ndak? Klo iya, penyebabnya berarti tugas😀

  26. Biasanya tugas yg belon selesei bikin sulit tidur bwt workaholic , perfeksionis , dan orang yg bertanggung jawab.

    Nah, Siw termasuk diantara ketiga orang itu ndak? Klo iya, penyebabnya berarti tugas😀

  27. Baca buku kuliah aja Siw dijamin bikin ngantuk:mrgreen:

  28. Wakaka…. K’Siw kurang tidur kali… Mikirin si…*sensored* Atau pasti ditagih utangnya sama rentenir, cz dia kan banyak utangnya, ampe numpuk-numpuk… Ye… Ketahuan kalau banyak utang😆

  29. #alle
    wah, itu termasuk tips yang paling awal saya coba Le… tapi gagal juga…😉

    #Luthfi

    coba minum kafein (kopi)
    biasanya gw malah pules tidurnya

    hoh?😯
    mosok Pi?
    gak malah melek sewengi iku?
    dasar nggaya…mentang2 suwe neng mbogor, ngomonge lu guwe😆

    kakean pikiran kuwi
    mulane dirampungke/digarap siji2

    tumben komenmu sehat Pi…:mrgreen:

    #vend
    itulah yang selama ini terjadi Vend… dan see? aku blom tidur blas…

    #Anang
    takut kecanduan

    # extremusmilitis

    pake LELAP, cukup 20 butir x 1 tenggak, di-jamin mak nyosss

    itu bukan pingin tidur namanya, tapi pingin mati!😈

    # iman brotoseno
    sayangnya, mantan saya tinggal di Malang…setidaknya sampai saat ini…😀

    #arya
    kowe iki seles’e lel… yo?😆
    profesi sampingane reporter yo?

    # ekowanz
    yo dipikir to Mas…
    tidur iku kan kebutuhan primer…

    #Pyrrho

    minum coklat (campur pake apa aja juga bisa asal jangan pake kopi/penambah stamina)

    ini coklat yang dimaksud coklat apa Om?
    kalo makan coklat batangan gimana? saya suka banget…:mrgreen:

    latihan memfokuskan pikiran, menenangkan diri, dlsb. caranya coba latihan diam (duduk diam) selama minimal 15 menit nggak ngapa-ngapain.

    waaah… ini yang susaaah… bisa bisa mati kaku saya Om…😀
    latihan yoga dan pernapasan, banyak caranya di internet. yang ringan-ringan saja, nggak usah yg sampai jungkir balik…
    Okeeee…😀 makasih Om Phyrro… *gugling*😉

    sebelum tidur jangan berpikir bahwa “saya harus tidur”. tidur nggak bisa dipaksa karena dia akan datang dengan sendirinya. asalkan badan sudah tenang dan pikiran sudah tentram maka tidur bisa terjadi dgn sendirinya.

    oooh… gitu ya Om? berarti selama ini cara saya salah…

    matiin hp dan segala sesuatu yg bisa membuat kita terbangun tiba-tiba.

    ini juga susah Om… yang di seberang bisa nganggep saya ngambek atau menelantarkan… lha wong saya ga jawab SMS bentar aja dikirain marah kok…😆

    kalau belum bisa tidur juga, hubungi dokter/psikolog terdekat…. yg di blog jg boleh.. :mrgreen:

    promosyi ya Om?:mrgreen:

    dan yang paling terakhir dan paling penting :sayangilah pacar anda… *halah*

    ini bisa dijelaskan secara ilmiah nggak Om?😀
    betewe, makasih banget ya Oom…😉

    #ndarualqaz
    kowe iki senengane niru niru thok ae!😈

    kalo pengen bisa tidur, ada tips, ngerjain tugas akhir atawa skripsi aja, pasti cepat terlelap

    saya kan belum sekripsi…

    # kakeko

    sebelum tidur harus niat dulu biar jadi tidur klo ga niat tidur yah g bisa tidur

    ini udah. niat banget malah…

    makanya jangan kelamaan jadi anak pramuka jadinya ya ky gitu itu jadi kalong

    😆

    kalau aku biasanya kalau g bisa tidur baca sambil tiduran, tau-tau bukunya dah mbaca orangnya alias ketiduran he3

    wah… bisa bisa malah melek semaleman…

    Salam dari kaltim nih jauh khan.

    Lho? udah ga di Jogja lagi?

    #kudzi
    halaaah… iku pasti gara gara kebanyakan makan yang pedes pedes Dzi…

    # Gempur
    orang ini kenapa sih? kalo ngefens sama saya ya bilang… gausah menggila gilakan orang…😆

    #TheGoeh

    No 2 iku…wi’ bneeran sumpah yang nomer 2….*teriak2 sambil ngacungin parang*….

    koyone aku setuju Guh…😥
    selebblog dance? MALES

    # suandana
    wekekeke…wong iki paling semangat nek ngomonne soal TM…😆
    woke woke… berarti, aku durung iso tidur nyenyak iki?

    #almascatie
    normal? yakiN?😆

    #galih
    wah…bisa jadi itu…😉 betewe, itu parameter versinya siapa ya?

    #gustri
    wah.. makasih petuah bijaknya Mas…
    selamat datang di blog saya…
    have a nice time juga…😀

    #deviantvillain
    wah… menurut kamu, aku masuk yang mana neh? bisa jadi ketiganya mungkin…:mrgreen:

    #takochan
    gimana mau baca? buku kuliah saja ku tak punya😆

    #Ai
    wah… mungkin yik…
    kamu ndak mau ngutangi aku yik? buat nyaur utang… gak banyak banyak wes… 100juta cukup… sekalian nggo hura hura…:mrgreen:

  30. Susah tidur karena panas dan kurang waktu ? Pasang AC dan tidur di kelas.😆

  31. #Mihael “D.B.” Ellinsworth
    *minta duwit ke DeBe*

  32. itu warungnya cak budi gulingin aja….. dijamin kamu bakal tidur pules, cuma nggak tahu kapan bangunnya😛

  33. ya udah, minum pil aja wi.

  34. #mardun
    ngawur!!! *ketok pala mardun pake palu*

    #danalingga
    pil apa Dan?😀

  35. wong iki bakul komen yo,akeh tenan..

    btw,

    overweit itu membuat orang susah tidur loh..

    PERCAYALAH!!

  36. Pil tidur dunk wi, mosok pil kb.😀

  37. #danasatriya
    bakul bakul… opo ae…😆
    kowe overweit yo?
    aku enggak kok…😆

    #danalingga😆
    ketahuan… lo… hayo…😆

  38. .. disuruh menyelesaikan administrasi, ..

    Itu bukan disuruh bayar lagi Chiw .. tapi disuruh nyelesaikan TM nya. Buruan .. hwakakak🙄 malah makin ga bisa tidur ya??

  39. saya pingin menelan manusia dengan mutilasi 99x

    Sejak kapan dirimu menjadi pengikut Sumanto .. Chiw .. sadar Chiw .. sadar!!!

  40. #Erander aka Bang Eby
    wah… abang ini tauuu… aja…😆
    iya, makin gabisa tidur gara gara telk*msuck ituh…

    pengikut sumanto?bukaaan… yang bener itu sumanto ngikutin saya…😆

  41. Ini serius ..

    Ini ada beberapa tips .. mudah2an manjur. Pilihan salah satu atau semuanya juga boleh ..

    1. Sebelum tidur minum susu hangat. Jangan banyak2, ntar malah sibuk mondar mandir ke kamar kecil.
    2. Mandi air hangat .. nah, yang ini tergantung orangnya. Ada yang mandi malah jadi seger. Ada juga setelah mandi langsung pengen bobo.
    3. Sholat tahajud, sholat istikharah, sholat subuh dll .. lumayan menambah pahala ibadah.
    4. Ucapan sesuatu berulang2 .. kalo cape dan belum tidur juga .. forget it. Artinya cara ini ga manjur.
    5. Sebut nama abang berulang2. Ada dua sih akibatnya .. bisa jadi makin kangen sama abang atau malah paranoid hahaha .. ga usah deh.
    6. Minum obat tidur .. kalo masih tetap ga bisa tidur juga artinya salah minum obat .. lihat dulu labelnya. Jangan2 minum kiranti lagi😆
    7. Masih belum bisa tidur juga?? .. btw, emang Chiw dimana?? sudah diatas tempat tidur belom?? jangan2 masih di depan komputer. Ya iya lah .. gimana bisa tidur Chiwi.
    8. Nah .. sekarang bobo ya. Sudah cuci kaki, sikat gigi, ganti baju yang longgar, ambil bantal yang empuk. Met bobo ya.
    9. Stel musik lembut, kalo bisa yang instrumentalia khusus buat tidur.
    Selamat mencoba ya.

  42. kalau aku susah tidur gara-gara mikirin siwi😆 dan utang yang berjibun gara-gara kepengen ketemu siwi!

  43. timbang susah melek tambah soro kon siw

  44. kamu kenapa chiw ?🙂

  45. ambil wudhu dan sholat 2 rokaat

  46. Pake gaya MINAKJINGGO aja wi: Miring kepenak, njengking nggih monggo. Pasti jos gandhos

  47. #erander
    thankz banget Bang Eby…

    1. Sebelum tidur minum susu hangat. Jangan banyak2, ntar malah sibuk mondar mandir ke kamar kecil.

    sudah saya coba dan ternyata belom berhasil…

    2. Mandi air hangat .. nah, yang ini tergantung orangnya. Ada yang mandi malah jadi seger. Ada juga setelah mandi langsung pengen bobo.

    kalo di rumah pasti bisa kayak gini… kalo disini…boro boro Bang…
    Tapi saya juga udah mandi sebelom tidur, tetep aja blom berhasil…

    3. Sholat tahajud, sholat istikharah, sholat subuh dll .. lumayan menambah pahala ibadah.

    sholat malam sudah Bang…

    4. Ucapan sesuatu berulang2 .. kalo cape dan belum tidur juga .. forget it. Artinya cara ini ga manjur.

    saya udah coba bilang gini : siwi cantik siwi cantik siwi cantik… yang ada saya malah semangat Bang…:mrgreen: betewe, ini patut dicoba!😉
    5. Sebut nama abang berulang2. Ada dua sih akibatnya .. bisa jadi makin kangen sama abang atau malah paranoid hahaha .. ga usah deh.
    yang ini sepertinya skip saja deh… *dibunuh Bang Eby*:mrgreen:

    6. Minum obat tidur .. kalo masih tetap ga bisa tidur juga artinya salah minum obat .. lihat dulu labelnya. Jangan2 minum kiranti lagi😆

    saya lebih suka minum es teh sama es jeruk daripada kiranti Bang…😆

    7. Masih belum bisa tidur juga?? .. btw, emang Chiw dimana?? sudah diatas tempat tidur belom?? jangan2 masih di depan komputer. Ya iya lah .. gimana bisa tidur Chiwi.

    kalo pas bales komen ini ya di depan kompi Bang…:mrgreen:

    8. Nah .. sekarang bobo ya. Sudah cuci kaki, sikat gigi, ganti baju yang longgar, ambil bantal yang empuk. Met bobo ya

    zzzzzzzzzzzzzzzzz….

    9. Stel musik lembut, kalo bisa yang instrumentalia khusus buat tidur.

    wah… udah tidur, ndak sempet nyetel musik…😆
    makasih banyaaaak bang Ebyyyyyy……

    #evelyn pratiwi yusuf
    duhhh… jangan segitunya poo meskipun ngepens aku Eve…😳

    #de😆
    wes pengalaman yo Mbok De?😆

    #bachtiar
    ndak papa Yan…

    #nubuwah
    sudah…😀

    #NuDe
    ini kayak dialog di salah satu pelem endonesa ya Kang?😆

  48. “main barbel sebelum tidur” utk seorang siwi????
    WOW….!!!

    halah… rupanya ada yg ga bisa tidur ya… sementara saya kurang tidur, ngantuk terus bawaannya. Tukeran yuk…

  49. jangan suka keluyuran sampe tengah malem😆

  50. Kenapa? gak eruh,
    Pokoke ayo ikutan Kopdar maneh😉

  51. Kopdar kopdar kopdarrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr😆

  52. siwiiii!!!! masih nggak bisa tidur??

    btw i’m back! *niup terompet*

  53. Semalam saya susah tidur.. kipas anginnya mati idup gitu.. jadi gerahhh.. mana habis liat film thriller lagi..

  54. saya nggak bisa tidur gara-gara kejar deadline TA

  55. minum kamlet mbak

    *kabur pake pesawat jet*

  56. Susah tidur/ saya bahkan sudah berbulan bulan tidak tidur malam hari.

    Sekarang, dengan bermain domino sampai jam 2 dini hari. atau berfantasi seks. sekarang saya sudah bukan kelelawar lagi…..

    Tips: ga ada. soalnya saya juga seringkali susah tidur meski tidak ada ganjalan apa apa

  57. dulu aku juga sering insomnia😀
    sekarang setelah merit udah gak lagi, bisa tidur kapan aja dimana aja😀
    jadi kesimpulannya ?????😀

  58. #CY
    boleh boleh… tapi caranya gimanaaa???

    # itikkecil
    itu sudah enggak kok mbak…

    # aLe
    gak iso Le… pas tanggal ra tepak iku…

    # cK
    masih gabisa Chik… temenin donk…
    *peluk chika*

    #AdityaWirawan
    wah… sama donk… saya aja 2 kipas idup bersamaan, tetep gerah…apalagi yang mati idup gitu…

    #ndarualqaz
    makanya, gantian kamu yang ngejar dooonk…

    #wulan
    apaan tuh lan?

    #Fortynine
    makanya Mas… olahraga teratur…makan teratur…
    betewe, makasih ya… mungkin aku insomnia akibat terlalu mikirin kamu Mas…
    ehheehe… nggak deh, entar kamu ge er…

    #pinkina
    oya? jadi kesimpulannya… insomnia bisa diobati pake merit?
    *ngiler*😉

  59. ga usah dipikirin. kalo pasga bisa tidur, nikmatin aja. makin kamu mikir “waduh piye iki kok gak iso turu…” makin gak akan bisa tidur.

    *komen ngasal dari ibu2 yang tiap hari tidurnya setelah jam 3 dini hari*

  60. dadi, TM-mu wis mari rung?😆

  61. Klo sekarang dah nggak kan Wi? Klo masih, nguap2 aja yg lebar, sapa tau ada nyamuk masuk. Lebih dari 3 yg masuk bonus semalam tidur pules…:mrgreen:

  62. Ambil air wudhu, tahajud, dilanjutkan sama tadarus…

  63. benturkan kepala tiga kali di atas bantal, kalo belum tidur juga benturkan ke tembok, dijamin langsung pingsan….

  64. klo nda bisa tidur telpon ebes aja chiw?

    ato minum susu sebelum tidur dijamin pules😀

  65. #venus
    hwakakakak… tapi sampeyan saben dino iso turu kan Mbok?😉

    #suandana
    wong iki jahat!😡

    #benbego
    semalem masih kok… ada untungnya juga sih, soalnya hari ini saya ujian…

    #yusmianto
    tadarusnya yang belom…😀

    #annots
    jahat!😡
    kamu aja duluan sana!
    *bentur bentur kepala annots ke tembok*

    #aprikot
    telpon ebes malah nggak akan tidur sampe pagi Mba…😆

  66. Lha??? Kok iso lho…. Aku sing wis berbaik hati takon soal TM-mu, kok di-cap jahat??? Mangkane to… Ndang di-marekno!!!😆

  67. tips : kalo masih susah tidur coba bayangkan wajah TAMPAN™ saya😀 sambil menyebut nama saya 7x .. dijamin manjur .. huahahaa .. ^^ *dilempar panci*

  68. insomnia..? gak mungkin..,
    lha wong dugem ae keturon,ngaku insomnia..
    krmrn mlm jam 9 aq liat dirimu tidur di pos hansip..

  69. #suandana
    itu bukan berbaik hati… itu menyakiti… sangat menyakiti… 😥

    #shige
    duh Ge…mbayangin wajahmu yang mana? soalnya aku ngga nafsu sama gambar kartun…😆

    #likiri
    kok ngerti seee?😳
    sampeyan ini ngefens berat sama saya ya?

  70. halo.. saya dikenalken oleh ndoro kakung ke sampeyan… di pagi buta ini.. Salam kenal

  71. ga tau tips ini udah ada yg ngasih atau blom (komen udah berjibun males baca).. yg jelas tidur harus konsisten jam-nya.. misalkan biasa tidur jam 10 malem.. ya tiap hari harus jam 10.. kalau tidak teratur biasanya jam biologis tubuh jadi kacau… jam biologis tubuh juga dipengaruhi oleh sinar matahari yg kena ketubuh kita.. jadi kalau jarang kena sinar matahari, juga bisa bikin insomnia🙂 , kalau tidak salah ada hubungannya dengan hormon melatonin.. kalau tidur lampunya dimatiin.. atau remang2.. http://www.elderweb.com/home/node/2406

  72. ngefans..?!
    lha yang mbangunin dirimu di pos kmren lak aq ta..😀

  73. heh, cah pekok..aku ngantuk. ta’turu sik yo,..

  74. aku juga susah tidur, berbagai cara sudah kutempuh..tetep…
    ada yang bilang baca buku sejarah sebelum tidur..(ga nyambung, kan???)
    tapi dengan begonya dilakuin juga…
    akhirnya ngantuk karna ga suka sejarah…
    tapi cuma sampe ngantuk…tidur?? tetep ga bisa…!!!

  75. GAG BISA TYDUR? GAMPANG: NGEBLOG!!!

  76. Walah non Chiw… begitu banyak catatannya yang membuat nyenyak tidur. Kecuali bayar tagihan pulsa, selalu berpikir sebaliknya saja, membayangkan yang sebaliknya saja di setiap “kalang kabut”. Kalau jalan lagi macet dan kita terjebak kemacetan, maka pikirkanlah betapa nikmatnya menikmati berjalan lambat dan pelan… kalau kepanasan, membayangkan panasnya gurun sahara atau api neraka…. kalau nggak bisa tidur, maka bayangkanlah… he…he…he.. ini sih zikir sj, siapa tahu ditemani itu… tuh… sehingga jiwa kita jadi nggak tenang…😀

  77. sebelom tidur aku mau telpon ebes aja chiw?
    ato minum susu sebelum tidur dijamin pules, tetapi tetep aje kurang tidoer inga……inga udah poekoel 04.00 Wib tak pikir tidur engga yach, tetapi badan ini lemes dan mata sepet kaya ikan aje ? Sehingga jiwa kita jadi nggak tenang…😀 kalau di depan kOempoeter kaya sakarang ngantuk berat

  78. #Sharon
    halo juga… salam kenal kembali dari sesama Surabaya… kopdar yuuuk…😀

    #warnetubuntu
    alhamdulillah… belom ada yang ngasih saran kayak gitu…
    makasih banget ya… insya allah saya coba…

    # klikiri
    ngaku aja laaah… ngaku nggak bikin mati kok…😆

    # Shelling Ford
    heh, arek gendheng! edhan!😆

    #verlita
    wah, kita senasip non…
    apa kita coba tidur bareng?:mrgreen:

    #deteksi
    sampek bosen ngeblog jeh…

    # agorsiloku
    waaah… didatangi Kang Agor… *tersanjung 12*
    wah, dasar Kang Agor, selalu nemu sisi yang jarang dilirik…
    sepertinya enggak gampang… tapi insyaallah akan dicoba… masih insomnia juga soale…
    makasih banget Kang…
    betewe, “itu tu” itu siapa ya?

  79. # Dicky Demoz 90 PMB
    kenal sama Ebes juga, atau manggil Bapaknya dengan sebutan “Ebes”?
    ehehe… kok kondisinya sama kayak saya ya?😀

  80. SEKARANG sudah bisa tidur belum…??

  81. #kurtubi
    iya neh Kang, tapi kapan hari bisa tidur kok… berkat bantuan seseorang😳

  82. aku pernah akur. harus terjaga dulu selama 50 jam baru bisa tidur 6 jam. itu masa-masa rumit buatku.

  83. #panda😯
    yang bener ituh Mas?
    sekarang enggak lagi Kan?

  84. kesummon😀

  85. Lah… malah nangis… kok iso menyakiti seh?

  86. #aRuL
    summon afah? udah nggak hiatus lagih?😀

    #suandana
    sangat menyakitkan! huh
    *pukul adith pake pel pelan*

  87. udah nyoba tidur pake seprai rapi?

  88. Mungkin saya ga bisa tidur sampe jam 2 karena faktor ketiga.😥
    Tanggung, saya memutuskan untuk langsung lihat Liga Champions aja. Eh, malah ketiduran.😆

  89. Caraku:
    Cari buku tebel, yang sulit dipahami, dan bener2 gak penting buat kamu (misalnya buku tentang “bagaimana cara membangun tambang minyak di planet uranus”)….

    trus kamu paksa dirimu baca dengan cermat…. biasanya kamu bakalan terlelap setelah beberapa halaman… it works for me!😀

  90. Hei, hei, wah gak bisa tidur … setiap hari saya tidur paling pagi jam 1 malem, paling banter jam 2 pagi. Kadang nggak ngapa-ngapain juga gitu malemnya. Cuma googling, ngerjain tugas, maen games, tapi yang pasti semua kegiatan di depan komputer. Karena ujung-ujungnya pasti ngantuk …

  91. aku dulu juga punya insomnia yang akut. udah coba segala macam cara, dari mulai ngebahas soal-soal fisika (lantaran kata guru waktu smu, bahas soal yang rumit mungkin bisa buat kita ngantuk). hasilnya, aku malah begadang nyari jawaban.
    kata guru yang lain lagi, coba mata ditutup pake kain item, akibatnyatuh kain malah kecampak kesana kemari.
    minum ctm, sampe 5 butir juga ga KO.
    kata adek kost yang sekarang, baca buku dulu sambil golek, yang ada akunya malah sanggup ngabisin tuh buku dalam semalam.
    sampe yang paling garing banget, aku sampe bela-belain ngitung domba malem-malem supaya bisa tidur, hasilnya capekkkk!

    tapi, ga tau kenapa, sekarang udah lumayan kurang banget. paling cepat tidur jam 2 udah bisa sekarang.

    who knows, bisa dicoba mbak?

  92. Ade juga penderita insomnia, kata dokter akibat obat dan kelamaan jomblo … hahahha

    -Ade-

  93. #cewekbawel
    hihi… saya ndak biasa pakai seprai kalau tidur Mba…

    # p4ndu_454kura
    dasar maniak bola!😆 seperti saya jaman sma dulu

    #Tito
    huihihi… mayan… mayan… tips nya boleh dicoba…😆

    #fentygranger
    *iri*😦
    salam kenal yaks…😉

    # mataharicinta
    faktor suami mungkin mBa?😉

  94. #Ade
    yaiks. kelamaan jomblo itu faktor medis juga non?😆

  95. wa gimana kl saya saranin bagi yang susah tdr daptarin diri aja jadi anggota tangkas,pol. pp,securty,atau hansip,…
    itung itung belah negara juga kan,…
    bnr gk????
    he,…
    ya kt sama2 orng yang gk bs tdr,…
    penyakit aku ni da hampir 5 tahun,…
    ada obat nya gk???
    kebiasaan aku tdr jam 5 pagi ampai jam 8 pagi,…
    kr aktifitas,…
    tu sering aku alami,…
    yang anehnya aku gk pernah sakit,…cuman badan aja kurus,…
    setiap 3 bln sekali aku suka donorin darah buat yang membutuhkannya,..kita kasi iklas kok,….
    oke ks solusi dong br cepat tdr,…
    abs da mls di oce hin le ortu,…
    abs orng yang susa tdr banyak pengeluaran,..seperti cemilan dan biaya listrik,..
    bnr gk,….

  96. eehh…banyak juga yang commentnin..,ikutan juga aahh..?barangkali km bisa bermimpi :

    Ada baiknya kamu mencoba mengatur pola tidur kamu sestabil mungkin. Tidur dan bangun di waktu yang sama setiap harinya, walaupun hari libur. Biasakan menepati jadwal itu agar pola tidur Anda normal kembali.

    Belajar teknik relaksasi juga tidak ada ruginya. Kamu bisa mencoba yoga atau meditasi. Sebagian orang bahkan melakukan hal-hal tertentu (yang kadang tidak masuk akal) untuk mendapatkan suasana rileks ini, antara lain:
    [+] mandi air hangat
    [+] menghitung domba (atau kucing kesukaanmu)
    [+] tidur menghadap ke utara
    [+] menggerak-gerakkan jari kaki isaat hendak memejamkan mata dengan rileks
    [+] mengelus perut (hehehe…lapar kali…)
    [+] tarik napas dalam
    [+] membayangkan sesuatu yang “indah” (jangan pikiran yg jorok..hehehehe”PEACE”)
    [+] menghitung mundur (angka, suatu kejadian menyenangkan)
    [+] mendengarkan radio hingga tertidur (tapi jgn musik metal,ntar barang2 dikamar km berantakan)

  97. minum jj dumolit 1 ,djmiin psstii tdurr dehh .🙂


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

