Sebuah Pertanyaan

Lama ga apdet. Terlalu sok sibuk dengan aktivitas. Sok sibuk dengan membelah membagi diri menjadi beberapa bagian : antara anak, mahasiswa, anggota organisasi, pengatur pekerja, istri, hingga blogger. Akhirnya saya pusing sendiri.

Ada beberapa pertanyaan mengganjal. Sudah ditanyakan pada beberapa ahli yang memang belum terbukti keahliannya. Hasilnya? masih nihil. 
ehem… ijinkanlah saya bertanya pada saudara saudara sekalian.
1. Apakah MERAMAL itu suatu kegiatan yang HARAM ?
2. Apakah ZODIAK itu HARAM ?
3. Apakah Ilmu Falaq itu HARAM ?
4. Apakah penanggalan jawa itu HARAM ?
5. Apakah MEMPERKIRAKAN itu HARAM?
jika jawabannya iya, maka saya tanya lagi…
1. Apakah itu berarti dosen dosen saya mengajari saya menuju jalan kesesatan dengan meramal berapa umur kapal kami?
2. Apakah berarti nelayan yang berlayar dengan pedoman bintang itu adalah manusia manusia layak dijebloskan ke neraka?
3. Apakah berarti, saya -yang percaya bahwa segala sesuatu itu memancarkan energinya masing masing- layak digantung dan dilemparin sejuta leptop  karena saya sudah sangat jauh dalam kesesatan?
4. Apakah itu berarti, seluruh ilmuwan penemui teori perkiraan -tentu saja selain yang berasal dari bagian bumi tertentu-adalah orang orang bodoh yang terlalu memuja akal dan sangat layak untuk dibenamkan dalam lumpur kenistaan? 
Tolong teman teman, jawab! silakan jawab dengan jawaban anda masing masing. Anda bebas berpendapat disini, Anda bebas bergaya. silakan. yang mau sekuler, saya persilakan. yang mau jawab pake hati nurani, saya persilakan juga. yang mau jawab ilmiah juga boleh…yang mau jawab pake ayat ayat termutilasi, juga saya persilakan , apalagi kalo pake ayat ayat yang mencerahkan saya dari kegundahan ini.
Tapi mohon maaf, saya ndak bisa menjamin kalo saya bisa menjawab komentar komentar Anda. Lha saya kan memang tanya… :mrgreen:

TerimaKasih…

*menjura dalam dalam*  

95 Komentar

  1. tanya satu aja😀

  2. wih bisa pertamax.. *cuek belom baca*

  3. Kan kalo ilmiah kenapa tidak shiw…
    istilahnya perkiraan bukan ramalan yang hanya didapat lewat wangsit

  4. pertanyaan apakah zodiak itu melalui proses ilmiah?
    bedakan antara yang ilmiah dengan tidak ilmiah…

  5. lha kalo yang analisis gituan sih kagak haram.. ini kan semacam strategi aja to? dalam perang aja ada perencanaan dalam melihat kondisi.. lha kalo dihitung berarti pas perang2 dulu pasukan islam ga menang2 sebab asal maju doang tanpa strategi😆

    *btw kapalnya itu buat ke kalimantan yah?*😆

  6. *meramal siwi*
    ….
    *itang itung kalkulasi*
    *baca mantra*
    ….
    Hasilnya:
    Kamu sesat siw!!!

    trekbek serius akan menyusul

  7. bedakan antara yang ilmiah dengan tidak ilmiah…

    bedakan yang nyalib hetrik sama yang kagak👿
    *kucel2 kepalanya aRul Pake Rinso*:mrgreen:

  8. Setuju sama komen almas yg ke-3😀

  9. @ almas : kasian deh… loh .. wakakakak😆

  10. […] Tags: peramal, ramal-meramal, ramalan Tidak hanya para Ki, Tante dan Mama Peramal yang bisa meramal. Sejujurnya saya pun sering melakukan hal yang diharamkan oleh para agamawan […]

  11. pertanyaannya tidak relevan…

  12. Walah, lo kesambet apa nih wi.😆

    Berarti sebenarnya bukan namanya itu yang haram, tapi caranya kali ya. Jadi asal meramal belon tentu haram. Dan ternyata lagi hitam belum tentu tidak putih.

  13. yang pasti saya sih nggak percaya ramalan..😀

    kalau ramalan gempa bumi, itu sesat ga ya?🙄

  14. kamu pengen jawaban seperti apa ??

  15. jujur, saya pun tidak tahu akan jadi seperti apa nanti. bahkan, 10 menit setelah nulis komen ini pun juga tak tahu apa yg akan terjadi. dan juga, saya gak tahu pasti apakah saat “submit comment” di klik, komen ini bakal terpampang di blog ini. betul-betul suatu ketidakpastian. saya hanya bisa meramal memperkirakan semoga semuanya baik-baik saja sesuai apa yg saya inginkan.

  16. terbukti, ramalan perkiraan saya cocok. saat “submit comment” di klik, komen ini sudah terpampang di blog ini. minimal, satu keinginan saya sudah terbukti dan cocok.

  17. saya punya mimpi. untuk itu, saya siap berjuang keras supaya mimpi itu jadi kenyataan. meskipun setelah perjuangan itu dilakukan, mimpi saya belum juga menjadi kenyataan. minimal, saya berani berbuat untuk membuat mimpi itu jadi kenyataan.

  18. lha……..katanya sebuah pertanyaan…khan berarti cuman satu tok… 😦
    *males njawab ah*

  19. ::siw, rasanya segala sesuatu tindakan kita berasal dari niatan, dan sebagian lagi berasal dari naluri kita
    jika arahnya salah ada pengingat awal kan, yang akan membri kita peluang untuk lanjut, ragu-ragu, atau stop, namun seringnya ini diabaikan, sebab sulit dirasakan, padahal jika ini sering dibantai, dia jadi cuek.. coba test dengan memutuskan untuk bangun jam tertentu, maka akan ada yang berkomitment untuk membangunkan, abaikan sekali, dia akan masih setia esoknya, abaikan lagi…apa yg terjadi…demikian juga untuk lainnya…
    jika mau kenalan dengan peningat ini, masuki diri sendiri, jika engga tau caranyauntuk awal tanyain farid.. selanjutnya terserah siwi kan😆
    jika ini terjaga, hal harom akan batal dengan sendirinya…, karena jelas pembedanya..

  20. 1. Apakah MERAMAL itu suatu kegiatan yang HARAM ?
    meramal itu tidak haram, juga tidak halal, kalo menurut saia, tergantung hasil ramalannya. Jika hasil ramalan tentang kehidupan saia buruk, maka ramalan tersebut harrroomm. Tetapi, apabila hasil ramalan tentang kehidupan saia baik sangadh, maka ramalan tersebut halal lan toyyibah.
    2. Apakah ZODIAK itu HARAM ?
    Zodial itu tidak haram juga tidak halal. kalo menurut saia *idem*
    3. Apakah Ilmu Falaq itu HARAM ?
    Falaq itu sama sekali tidak haram. Karena tidak ada ke-mudharat-an didalamnya. Ah ya, sedikit rekomendasi, falaq fondoh itu falaq yang faling enak menurut saia.
    4. Apakah penanggalan jawa itu HARAM ?
    penanggalan jawa itu makruh, karena saia ndak tau begimana sistematika penanggalan jawa…
    5. Apakah MEMPERKIRAKAN itu HARAM?
    idem sama nomer satu dan nomer dua.
    demikian. saia harap jawaban saia membantu, dan tidak terkesan sok tahu. Terima kasih.
    ps : “juga saya persilakan sangat”
    tolong kalo sempat kalimat ini diganti, ada kesalahan penulisan sepertinya, seharusnya menjadi demikian
    “juga saya persilakan sangadh”
    pake dh bukan t.
    .
    .
    .
    gyahahahahahahahaahahahahaha!!!!

  21. 2. Apakah berarti nelayan yang berlayar dengan pedoman bintang itu adalah manusia manusia layak dijebloskan ke neraka?

    siw, astroLOGI beda sama astroNOMI kaleeeeee..

  22. istri?? aku kok rung mbok kenalno bojomu? pasti elek yo makane kowe isin ngejak bojomu kopdar ;))

  23. haram ga yaa? tanya ama yang berwajib aja hehehh

  24. lhoo…km udah nikah to mbak?
    humm..dosen km kan pake metode ilmiah bos…
    ada metode teori, observasi, klo ramalan kan ituh namanya mendahului takdir kawan..
    klo dosen km kan pake logika..
    di hitung atu2 gituh..

  25. saya setuju dengan danalingga caranya merupakan faktor penentu. bagaimana pengetahuan tersebut dipakai.

    nasi aja yang jelas2 halal bisa di sebut haram kok kalo dapatnya dari mencuri, di siang hari pas ramadhan makanan halal untuk orang2 yang berpuasa menjadi suatu barang yang haram.

    orang2 yang sholeh seperti sufi2 gitu malah mengharamkan meninggalkan sholat yang jelas2 halal. huhuhuhu

  26. Saya kopipeiskan jawaban dari Akh Abdulwahid al Maidany

    ::al Maidany::
    Paranoid (peramal) hukum asalnya kafir dan disembeleh lehernya.

    Wallahu ‘alam

  27. @amed
    That’s so funny, Bang. Gmn ceritanya peramal jadi paranoid. Manusia2 yang aneh.

    @Siw
    1. Kalo lo ngeramal sambil makan bangkai babi yang masih berdarah2 ya konon kata ulama sih haram.

    2. Zodiak itu kalo bagus halal, biasa aja makruh, jelek haram.

    3. Ilmu Falaq jelas ga haram. Lha Falaq presiden bem gw, dan belum ada fatwa haram soal dirinya tuh.

    4. Waduh, saya pake penanggalan internasional tuh.

    5. Memperkirakan itu harus!! Bukan cuma halal, tapi wajib hukumnya. Lha kalo ga memperkirakan gmn caranya kamu menentukan jam brp kamu bangun untuk beraktifitas.

    Serius, gw ga tau Siw. Tapi kalo menurut gw sih kalo sekadar baca2 gpp lah, jangan dipercaya 100% ramalan2 paranormal.

  28. Lah, kalo gitu orang ekonomi kerjanya haram donk.. Meramalkan saldo dll..
    Aduh pusing juga,,
    Udah ah jgn pake haram2an..Klo masi pnasaran tny MUI ajalah Mbak..

  29. Kalau ilmiah, itu benar…

    Ya, ya, yaaa….🙄
    :mrgreen:

  30. @Amed
    Walah! Itu lagi😆

    @Siwi
    Udah tanya suami-mu tho jeng? Saya cuma bisa jawab no.5, memperkirakan itu sah2 aja. Bukannya manusia cuman bisa memperkirakan, Tuhan juga yang menentukan (lho, salah ya?😛 )😆

  31. 1. noki pernah baca di sebuah buku klau meramal untuk megetahui nasib manusia dan meminta pertolongan jin or yg sebangsanya itu haram. krn jin or sebangsanya itu mencuri berita dari langit.
    2. klau zodiak sih aga bedanya ya karena biasanya hanya didasarkan pada pengumpulan kegiatan sehari-hari yang kemudian diperkirakan untuk kedepan. dan zodiak lebih cenderung diambil dr tgl dan bulan lahir. sehingga bisa bersifat unversal.
    3.ilmu falaq waduh belum diajarin nih sama guru ngaji Q
    4. ga ikut nyusun jadi ga tau haram or halam.
    5. perkira itu bisa dikategorikan dengan merencanakan jadi sah2 saja. karena nantinya yang memutuskan yang Di Atas.
    itu aja deh dulu mata q udah berkunang-kunang lihat banyak pertanyyaan..
    hoe…..eeeeekkkkkk…

  32. Saya nggak tahu pasti sih, soalnya Bhs. Indonesia itu amatlah ambigu.

    Percayalah, definisi meramal saya denganmu pasti akan berbeda.:mrgreen:

  33. waH tergantung antum berada dihadapan siapa… kalau dihadapan saiyah mah biasa-biasa sajjah… tapi kalo dihadapan salafy’ers… sesat kau nak😐

  34. Pesan saya kalo sampean tersesat lihatlah peta, kompas (kalo ada) dan sandi rumput yang [mungkin] ada disekelilingnya. Dan ketika tersesat saya rasa ramalan Zodiak tidak dapat membantu😀

    Jangan lupa “malu bertanya lihatlah penanggalan jawa”, semoga ini hari keberuntungan sampeyan😉

  35. Kalau memperkirakan berdasarkan fakta-fakta yang sudah ada harusnya tidak haram. Jika kenyataannya meleset dari perkiraan, itu kan sudah kehendak Tuhan, kan? 😕 (CMIIW)

    Dan untuk kasus meramal dan zodiak, entahlah. Saya tidak percaya kedua hal itu.🙄
    Kalau nelayan menentukan arah dengan zodiak sih lain soal, tentunya.

    Toh bagaimanapun juga, kita hanya bisa berusaha yang terbaik, Tuhan yang menentukan.🙂

  36. sepertnya antara makna kata “meramal” di atas dan di bawah itu beda banget..
    kalau seandainya meramal itu berbau2 syirik, seperti di ramal oleh dukun, atau paranormal dan sejenisnya..jelas itu haram.. bahaya kalau pergi dukun, trus percaya sama omonganny dia,sholat kita gak bakal di terima selama 40 hari soalnya..

    Barangsiapa mendatangi peramal lalu bertanya kepadanya tentang sesuatu, maka tidak diterima shalatnya selama 40 hari”. [Hadits Riwayat Muslim no, 2230, kitab As-Salam, dan Ahmad no. 22711]

    tapi ya kayak meramal umur kapal, itukan cuma science tokh mbak, jadi ya mubah2 saja ..hihihi..
    seperti meramal bahwa sebentar lagi akan turun hujan, karena melihat awan menghitam,..
    hihi..nyambung gak sih ya..😀
    disambung2in aja lha ya…

  37. Memprediksi namanya Sayang….

    Misalnya memprediksi bahaya yang akan dihadapi peserta saat jurit malam pendek dan jurit malam panjang. itukan menggunakan fakta dan realita yang dihitung berdasarkan ilmu pasti dan ilmu pengalaman.

    Meramal yang haram gimana ya? ga tau tuh. karena saya ga suka meramal… tapi kalau memprediksi si sering..😛

  38. Meramal itu kan cuma pake insting, naluri,…apalagi Mama Loreng wess…mek cuma gacor tok…
    Yo, lek kapal bukan meramal toh Wik….tunggu saja lebih lengkapnya di kuliah MPO dari Pak Syarif Wijaya…towewwww.
    Klo nelayan yang pake bintang itu, pake ilmu astronomi mungkin kali ya..pinter berarti dong…(iyo..nelayane S1 kabeh…).
    Mungkin ilmu perkiraan yang dimaksud itu peluang bukan?, klo itu sih itungan matematis, jadi cuma sebatas kemungkinan yg paling besar.
    Lek penanggalan Jawa,..awduh..so sowry, di ruwmah sawya gak ada almawnack Jawwa, sawya maysih pawke bawtu yang disusun-susun, it’s so cool…*kesurupan maneh*

  39. semuanya nggak haram (menurut saya lho)
    yang haram adalah manakala kesemua itu dijadikan keyakinan dan mengagungkannya sebagai sesuatu yang maha hebat.
    ramal/estimasi/prediksi diperlukan dalam setiap langkah kita, cuma cari acuannya yang bener jangan yang mistis, gitu lho (lagi-laghi kata saya)

  40. kayaknya yang dijadikan patokan halal-haram di sini adalah Islam ya?

    balik aja kalo gitu ke artinya:
    Islam itu salah satu artinya adalah tangga (jalan ke atas, peningkatan) menuju kesejahteraan.

    jadi, apapun yang bisa bikin kesejahteraan bagi seluruh alam (ingat: kesejahteraan tidak selalu sama dengan kekayaan), sok ambil aja deh. –> cenderung ke Halal.

    tapi kalo apapun itu cuma bikin sia-sia aja atau malah bikin yang enggak2…. ya tinggalin ajah. –> cenderung ke Haram.

    kayaknya gitu deh…

    btw, salam kenal ya…. ^_^

  41. gak bisa seenaknya sendiri main cap halal dan haram, dalam hal apapun.. semua sudah ada aturan yang jelas.. tapi kadang ada yang melebih-lebihkan dan menggunakan dalil yang dibuat-buat atau direkayasa artinya..

    gak semua yang ilmiah itu halal dan yang gak ilmiah itu haram..

    ini hampir sama dengan kasus BID-AH.. ada yang seenaknya sendiri menganggap ini BID-AH itu BID-AH.. lalu main cap haram, main cap kafir..

    kasihan kalo ada yang seperti ini..

  42. Wallahu a’lam bisshawab…….

  43. Menurut-ku, prinsip-nya cuma satu kok Wi: Tidak ada yang pasti di dunia ini 8)
    Kita bisa menebak, kita bisa mem-perkira-kan, tapi tidak ada yang pasti, jadi apa yang di-perkira-kan jangan di-paksa-kan untuk men-jadi benar😉

    Haram gak haram-nya aku gak mau ikut-ikut-an, itu ter-gantung perspektif masing-masing.🙂

  44. kalo lagi pusing yang pusing aja sendiri..ndak usah ngajak orang lain ikutan pusing..😕

  45. Pemikiran yang luar biasa🙂

  46. gimana kalo dijadi’in sebagai ilmu kebudayaan. terutama bagi oran jawa. karena kaya akan budaya yang berkaitan dengan magis

  47. mau di jawab secara ngawurologi atau gakmudengorologi?😀

  48. kalo digigit kucing haram gak chiw? wakakkakakakaka
    *ngakak ingat ada cewek imut teriak memaki2 kucing*

  49. kalo di dunia penerbangan, ramal meramal umur pesawat itu diharamkan siw..
    soalnya, diramalkan bakal 40 taun.. eee, belon 40 taun udah jatoh duluan…
    huwehehehehe…🙂

  50. 1. Apakah itu berarti dosen dosen saya mengajari saya menuju jalan kesesatan dengan meramal berapa umur kapal kami?
    Meramal? memperkirakan kali? kalo memperkalikan ya gapapa kali… kecuali kamu memperkirakan bahwa kapal kamu akan ambruk pada tanggal XX bulan XX tahun XXXX dengan memuat XXX penumpang dan XXX staff…. dikarenakan angin sepoi sepoi…. keliatan bedanya kah? :p

    2. Apakah berarti nelayan yang berlayar dengan pedoman bintang itu adalah manusia manusia layak dijebloskan ke neraka?
    pedoman bintang? itu kan bukan meramal? apa hubungannya dengan meramal… kalo hal itu disebut meramal, gemana dengan orang yang pergi ke WC karena ada petunjuk di WC yang menyebutkan kamar itu WC?

    3. Apakah berarti, saya -yang percaya bahwa segala sesuatu itu memancarkan energinya masing masing- layak digantung dan dilemparin sejuta leptop karena saya sudah sangat jauh dalam kesesatan?
    hah?? g nangkep yang ini…

    4. Apakah itu berarti, seluruh ilmuwan penemui teori perkiraan -tentu saja selain yang berasal dari bagian bumi tertentu-adalah orang orang bodoh yang terlalu memuja akal dan sangat layak untuk dibenamkan dalam lumpur kenistaan?
    halah yang ini aq juga bingung :p

    hayah… jawaban2 ini jangan dijadiin acuan ok? mesti ngawur😀

  51. saya tunggu kesimpulannya aja deh😀

  52. […] kasih mau mengunjungi karya artikel mendadak ini. Niatan saya awalnya hanya menjawab pertanyaan Siwi dan berkutat di dalam masalah Guh. Mohon maaf juga apabila masih ada cacat […]

  53. *hanya baca komen diatas ini*😛

    PS: komen tuh gak gampang rupanya

    *ansab*

  54. Saya ndak tahu soal haram ato tidak… Lha saya ndak ngurus je…

    Tapi meramal itu sah-sah saja… Itu kan hanya karena manusia selalu penasaran akan masa depan. Boleh kan….😀

  55. Ehm, sy benci ramalan, zodiaq, penanggalan jawa, dsb… Tp tdk mempermasalahkan orang lain yg percaya… 8) Halal or haram? terserah deh…😆
    Kalo pertanyaan berikutnya:
    1) Meramal umur kapal tu sains kan? Ada hitungan matematisnya. Tentu saja itu ilmiah. Kcuali kalo kapal diramal dengan membaca Tarot atau memanggil jaelangkung…😆
    2) Bintang memang bisa dijadikan pedoman arah. Misalnya rasi bintang ursa major yang selalu menunjuk ke arah utara (bintang polaris di rasi ursa minor. Ini (astronomi) akurat lho, dan tidak bisa disamakan dengan meramal nasib sesuai zodiaq (astrologi). Lagian, masa sih 7 milyar orang di dunia ini nasibnya hanya 12 macam? :mrgreen:
    3) Sy tidak percaya bahwa segala sesuatu memancarkan energi, tapi saya menghargai kl Siwi percaya. Tidak usah terlalu memikirkan apa kata orang. Sesat itu kan relatif. PD aja dengan apa yg km percayai 😉
    4) Orang bodoh yang sangat memuja akal? Ilmuwan yg ilmiah maksudmu? Masalahnya dimana yaa…?🙄

  56. Wah… meramal dan diramal…
    (** Kok jadi bingung mo komen apa yak? **)

  57. #almas
    puwaspuwaspuwas?😈

    #aRuL
    ilmiah tidaknya itu ditinjau darimana ya?🙄

    pertanyaan apakah zodiak itu melalui proses ilmiah?

    errr… bisa minta tolong cari arti kata zodiak dari kamus? atau dari wiki mungkin? dan setelah saya baca : ZODIAK ITU melalui PROSES yang SANGAT ILMIAH.🙂

    bedakan antara yang ilmiah dengan tidak ilmiah…

    gimana cara mbedainnya Pak?

    #almascatie

    lha kalo yang analisis gituan sih kagak haram.. ini kan semacam strategi aja to? dalam perang aja ada perencanaan dalam melihat kondisi.. lha kalo dihitung berarti pas perang2 dulu pasukan islam ga menang2 sebab asal maju doang tanpa strategi

    hm…terimakasih apresiasinya…

    *btw kapalnya itu buat ke kalimantan yah?*

    mau tau aja!👿

    #Guh

    *meramal siwi*
    ….
    *itang itung kalkulasi*
    *baca mantra*
    ….
    Hasilnya:
    Kamu sesat siw!!!
    trekbek serius akan menyusul

    wawww… saya sesat?😯
    masa saya yang sealim ini sesat sih Mas?😆

    #almascatie

    *kucel2 kepalanya aRul Pake Rinso*

    naksir arul ya Mas?😆

    #Praditya
    Naksir Almas ya Dit? *dihajar Naniez*

    #caplang[dot]net

    pertanyaannya tidak relevan…

    tidak relevan yang mana Pak?😀

    #danalingga

    Walah, lo kesambet apa nih wi.
    Berarti sebenarnya bukan namanya itu yang haram, tapi caranya kali ya. Jadi asal meramal belon tentu haram. Dan ternyata lagi hitam belum tentu tidak putih.

    Nah! akhirnya ada juga yang ngerti maksud postingan saya… selain mas Guh😆

    #cK

    yang pasti saya sih nggak percaya ramalan..

    bagaimana kalo saya ramal anda akan jadian dengan seorang laki laki tampan yang anda incar itu? masih gamau percaya juga?:mrgreen: *digetok*

    kalau ramalan gempa bumi, itu sesat ga ya?

    saya bukan MUI Mbak…jadi tanya MUI saja ya…😆

    #watonist

    kamu pengen jawaban seperti apa ??

    saya cuma nanya. saya ndak pingin jawaban kayak apapun. terserah yang njawab saja kok.😕

    #borsalino

    jujur, sayapun tidak tahu akan jadi seperti apa nanti. bahkan, 10 menit setelah nulis komen ini pun juga tak tahu apa yg akan terjadi. dan juga, saya gak tahu pasti apakah saat “submit comment” di klik, komen ini bakal terpampang di blog ini. betul-betul suatu ketidakpastian. saya hanya bisa meramal memperkirakan semoga semuanya baik-baik saja sesuai apa yg saya inginkan.

    ah, apa saya bisa menyimpulkan kalau anda sedang ‘meramal’ apa yang akan terjadi?
    #borsalino

    terbukti, ramalan perkiraan saya cocok. saat “submit comment” di klik, komen ini sudah terpampang di blog ini. minimal, satu keinginan saya sudah terbukti dan cocok.

    tentunya ramalan anda akan tidak cocok seandainya tiba2 tertelan akismet, betul?😉

    #borsalino

    saya punya mimpi. untuk itu, saya siap berjuang keras supaya mimpi itu jadi kenyataan. meskipun setelah perjuangan itu dilakukan, mimpi saya belum juga menjadi kenyataan. minimal, saya berani berbuat untuk membuat mimpi itu jadi kenyataan.

    saya sepakat. tapi hati hati, akan banyak yang menganggap Anda sebagai orang sesat😛. tetap semangat meraih ya! saya kagum dengan Anda😳

    #Abeeayang™

    lha……..katanya sebuah pertanyaan…khan berarti cuman satu tok…
    *males njawab ah*

    suka suka saya bikin judul donk… ga dijawab situ juga saya nggak masalah kok😕

    #zal

    ::siw, rasanya segala sesuatu tindakan kita berasal dari niatan, dan sebagian lagi berasal dari naluri kita
    jika arahnya salah ada pengingat awal kan, yang akan membri kita peluang untuk lanjut, ragu-ragu, atau stop, namun seringnya ini diabaikan, sebab sulit dirasakan, padahal jika ini sering dibantai, dia jadi cuek.. coba test dengan memutuskan untuk bangun jam tertentu, maka akan ada yang berkomitment untuk membangunkan, abaikan sekali, dia akan masih setia esoknya, abaikan lagi…apa yg terjadi…demikian juga untuk lainnya…
    jika mau kenalan dengan peningat ini, masuki diri sendiri, jika engga tau caranyauntuk awal tanyain farid.. selanjutnya terserah siwi kan
    jika ini terjaga, hal harom akan batal dengan sendirinya…, karena jelas pembedanya..

    kok bawa bawa suami saya toh Bang?😆 betewe, jawabannya agak berat buat saya.😛

    #Hoek Soegirang

    meramal itu tidak haram, juga tidak halal, kalo menurut saia, tergantung hasil ramalannya. Jika hasil ramalan tentang kehidupan saia buruk, maka ramalan tersebut harrroomm. Tetapi, apabila hasil ramalan tentang kehidupan saia baik sangadh, maka ramalan tersebut halal lan toyyibah.

    😆:mrgreen:😆
    *ngakak guling guling*

    Zodial itu tidak haram juga tidak halal. kalo menurut saia *idem*

    apa malah HALAM alias halal haram ?😆

    Falaq itu sama sekali tidak haram. Karena tidak ada ke-mudharat-an didalamnya. Ah ya, sedikit rekomendasi, falaq fondoh itu falaq yang faling enak menurut saia.

    bagaimana kalau mempratekkan ilmu falaq untuk menyantet orang? hayooo…😆:mrgreen: falaq pondoh di tempatmu harga sekilonya berapa Nak? kirim ke surabaya donk… *ngarep.com*

    penanggalan jawa itu makruh, karena saia ndak tau begimana sistematika penanggalan jawa…

    jadi, makruh atau tidaknya itu, patokannya kamu ya?:mrgreen:

    demikian. saia harap jawaban saia membantu, dan tidak terkesan sok tahu. Terima kasih.
    ps : “juga saya persilakan sangat”
    tolong kalo sempat kalimat ini diganti, ada kesalahan penulisan sepertinya, seharusnya menjadi demikian
    “juga saya persilakan sangadh”
    pake dh bukan t.
    .
    .
    .
    gyahahahahahahahaahahahahaha!!!!

    dasar orang sinting!:mrgreen:

    #vend

    siw, astroLOGI beda sama astroNOMI kaleeeeee..

    ya saya tau. memang beda Vend… lantas?
    setahu saya, persamaan keduanya adalah <b<keduanya berpedoman pada BINTANG bukan kitab.:mrgreen:

    #mbok de

    istri?? aku kok rung mbok kenalno bojomu? pasti elek yo makane kowe isin ngejak bojomu kopdar ;))

    bojoku adoh Mbok De… ndek kalimantan… singe jelas, luwih nggantheng nek dibandingne karo ojob sampeyan…:mrgreen:

    #ojat

    haram ga yaa? tanya ama yang berwajib aja hehehh

    bukannya sama MUI ya?😆

    #fauzansigma

    lhoo…km udah nikah to mbak?

    belum sih… masih ada kesempatan buat kamu kok😆:mrgreen:

    humm..dosen km kan pake metode ilmiah bos…
    ada metode teori, observasi, klo ramalan kan ituh namanya mendahului takdir kawan..

    apa peramal peramal yang lain ndak pake metode ilmiah?😉

    klo dosen km kan pake logika..
    di hitung atu2 gituh..

    jadi, kalau ndak pake logika itu haram gitu?
    hm…menurut anda : the power of water itu bisa dijelaskan secara logika tidak?😛 atau pengetahuan tersebut bisa dibilang haram juga?😛

    #bedh

    saya setuju dengan danalingga caranya merupakan faktor penentu. bagaimana pengetahuan tersebut dipakai.
    nasi aja yang jelas2 halal bisa di sebut haram kok kalo dapatnya dari mencuri, di siang hari pas ramadhan makanan halal untuk orang2 yang berpuasa menjadi suatu barang yang haram.
    orang2 yang sholeh seperti sufi2 gitu malah mengharamkan meninggalkan sholat yang jelas2 halal. huhuhuhu

    saya sepakat dengan anda

    #Amed

    Saya kopipeiskan jawaban dari Akh Abdulwahid al Maidany
    ::al Maidany::
    Paranoid (peramal) hukum asalnya kafir dan disembeleh lehernya.
    Wallahu ‘alam

    :mrgreen:😆:mrgreen:
    *ngakak sampek pingsan*
    yayaya, Bang… makasih sudah diingatkan…😎

    #calonorangtenarsedunia

    @Siw
    1. Kalo lo ngeramal sambil makan bangkai babi yang masih berdarah2 ya konon kata ulama sih haram.

    😆😆😆
    ngeri bayanginnya Han…

    2. Zodiak itu kalo bagus halal, biasa aja makruh, jelek haram.

    itu bukan zodiak sayang, itu ramalan zodiak…😛

    3. Ilmu Falaq jelas ga haram. Lha Falaq presiden bem gw, dan belum ada fatwa haram soal dirinya tuh.

    tunggu aja, bentar lagi presiden BEM kamu itu bakalan disetempel jidatnya sama mui.:mrgreen:

    4. Waduh, saya pake penanggalan internasional tuh.

    😆 bukannya penanggalan islam ya? kafit kamu Han!:mrgreen:

    5. Memperkirakan itu harus!! Bukan cuma halal, tapi wajib hukumnya. Lha kalo ga memperkirakan gmn caranya kamu menentukan jam brp kamu bangun untuk beraktifitas.
    Serius, gw ga tau Siw. Tapi kalo menurut gw sih kalo sekadar baca2 gpp lah, jangan dipercaya 100% ramalan2 paranormal.

    setuju. tapi ramal meramal gak melulu nasib aja loh Han…

    #GreatQo

    Lah, kalo gitu orang ekonomi kerjanya haram donk.. Meramalkan saldo dll..
    Aduh pusing juga,,
    Udah ah jgn pake haram2an..Klo masi pnasaran tny MUI ajalah Mbak..

    wah, iya kali ya…😆

    #rozenesia

    Kalau ilmiah, itu benar…
    Ya, ya, yaaa…

    saya rasa kita punya maksut yang sama kawan…😆

    #takochan

    @Siwi
    Udah tanya suami-mu tho jeng? Saya cuma bisa jawab no.5, memperkirakan itu sah2 aja. Bukannya manusia cuman bisa memperkirakan, Tuhan juga yang menentukan (lho, salah ya? )

    kok malah tanya suami saya…? suami saya bukan mui tauk!:mrgreen: betul betul… bagaimana dengan ini : Bukannya manusia cuma bisa meramal, Tuhan juga yang menentukan ?😉

    #noki

    1. noki pernah baca di sebuah buku klau meramal untuk megetahui nasib manusia dan meminta pertolongan jin or yg sebangsanya itu haram. krn jin or sebangsanya itu mencuri berita dari langit.

    kalau meminta pertolongan ilmu matematika, fisika atau statistika haram gak?😛

    2. klau zodiak sih aga bedanya ya karena biasanya hanya didasarkan pada pengumpulan kegiatan sehari-hari yang kemudian diperkirakan untuk kedepan. dan zodiak lebih cenderung diambil dr tgl dan bulan lahir. sehingga bisa bersifat unversal.

    hm…menarik…

    3.ilmu falaq waduh belum diajarin nih sama guru ngaji Q

    belajar sendiri donk…😆

    4. ga ikut nyusun jadi ga tau haram or halam.

    makanya, masuk mui!:mrgreen:

    5. perkira itu bisa dikategorikan dengan merencanakan jadi sah2 saja. karena nantinya yang memutuskan yang Di Atas.

    kalo menurut saya, memperkirakan dan merencanakan itu kok berbeda ya…😛
    iya deh, makasih ya Noki…😛

    #Mihael “D.B.” Ellinsworth

    Saya nggak tahu pasti sih, soalnya Bhs. Indonesia itu amatlah ambigu.
    Percayalah, definisi meramal saya denganmu pasti akan berbeda.

    iya, saya tau…

    #Andrew Wijaya

    waH tergantung antum berada dihadapan siapa… kalau dihadapan saiyah mah biasa-biasa sajjah… tapi kalo dihadapan salafy’ers… sesat kau nak

    😯 ampuuun… ampuuun

    #annots

    Pesan saya kalo sampean tersesat lihatlah peta, kompas (kalo ada) dan sandi rumput yang [mungkin] ada disekelilingnya. Dan ketika tersesat saya rasa ramalan Zodiak tidak dapat membantu

    pramuka sekali…😆 betewe, kalo saya tersesat, saya malah percaya sama zodiak lho…😉 bener deh…seriyus malah!

    Jangan lupa “malu bertanya lihatlah penanggalan jawa”, semoga ini hari keberuntungan sampeyan

    😆

    #Cynanthia

    Kalau memperkirakan berdasarkan fakta-fakta yang sudah ada harusnya tidak haram. Jika kenyataannya meleset dari perkiraan, itu kan sudah kehendak Tuhan, kan? (CMIIW)

    iya Nak… sudah belajar belum ?:mrgreen:

    Dan untuk kasus meramal dan zodiak, entahlah. Saya tidak percaya kedua hal itu.

    meramal yang mana sayang? percaya ndak, kalo zodiaknya Sagittarius, saat itu musim hujan di negara tercinta kita ini?😉

    Kalau nelayan menentukan arah dengan zodiak sih lain soal, tentunya.

    soal lain gimana maksutnya Nak? sama sama meramal kan?😉

    Toh bagaimanapun juga, kita hanya bisa berusaha yang terbaik, Tuhan yang menentukan.

    betul Nak…tumben kau agak pinter…😆

    #Dy

    sepertnya antara makna kata “meramal” di atas dan di bawah itu beda banget..

    yang mana pak?😛

    kalau seandainya meramal itu berbau2 syirik, seperti di ramal oleh dukun, atau paranormal dan sejenisnya..jelas itu haram.. bahaya kalau pergi dukun, trus percaya sama omonganny dia,sholat kita gak bakal di terima selama 40 hari soalnya..
    Barangsiapa mendatangi peramal lalu bertanya kepadanya tentang sesuatu, maka tidak diterima shalatnya selama 40 hari”. [Hadits Riwayat Muslim no, 2230, kitab As-Salam, dan Ahmad no. 22711]

    itu karena meramal itu selalu diidentikkan dengan dukun, paranormal, dll…

    tapi ya kayak meramal umur kapal, itukan cuma science tokh mbak, jadi ya mubah2 saja ..hihihi..

    lha, santet dan sebagainya, bukan science ya? science juga lho…😆

    seperti meramal bahwa sebentar lagi akan turun hujan, karena melihat awan menghitam,..

    nah, apa anda setuju dengan saya kalo meramal = memperkirakan?😛

    hihi..nyambung gak sih ya..
    disambung2in aja lha ya…

    iya deh…😆

    #Neo Fortynine

    Memprediksi namanya Sayang….

    iya, itukan sinonim aja Sayang…😆

    Misalnya memprediksi bahaya yang akan dihadapi peserta saat jurit malam pendek dan jurit malam panjang. itukan menggunakan fakta dan realita yang dihitung berdasarkan ilmu pasti dan ilmu pengalaman.

    iya, tau kok…😀

    Meramal yang haram gimana ya? ga tau tuh. karena saya ga suka meramal… tapi kalau memprediksi si sering..

    meramal dan memprediksi kan sama aja sayang?😛

    #thegoeh

    Meramal itu kan cuma pake insting, naluri,…apalagi Mama Loreng wess…mek cuma gacor tok…

    ya memang pake insting, juga petunjuk… masak itu salah?😆 entah kalo Mama Lorengmu itu…:mrgreen:

    Yo, lek kapal bukan meramal toh Wik….tunggu saja lebih lengkapnya di kuliah MPO dari Pak Syarif Wijaya…towewwww.

    tetep meramal, Guh… tapi sayanbanget Guh, kayaknya aku ndak diajar matakuliah itu deh…😆

    Klo nelayan yang pake bintang itu, pake ilmu astronomi mungkin kali ya..pinter berarti dong…(iyo..nelayane S1 kabeh…).

    kowe arep dadi nelayan juga ya?😆

    Mungkin ilmu perkiraan yang dimaksud itu peluang bukan?, klo itu sih itungan matematis, jadi cuma sebatas kemungkinan yg paling besar.

    iya, begitu juga dengan meramal…😆 *maksa.com*

    Lek penanggalan Jawa,..awduh..so sowry, di ruwmah sawya gak ada almawnack Jawwa, sawya maysih pawke bawtu yang disusun-susun, it’s so cool…*kesurupan maneh*

    yo mesti Guh! kamunya orang madura, ngapain pake penanggalan jawa?😆
    kesambet cinca laura yo?

    #hadi arr

    semuanya nggak haram (menurut saya lho)

    😛 yayaya… boleh…bowleh…

    yang haram adalah manakala kesemua itu dijadikan keyakinan dan mengagungkannya sebagai sesuatu yang maha hebat.

    waw! nice answer yang saya tunggu… saya sepakat dengan anda deh…😉

    ramal/estimasi/prediksi diperlukan dalam setiap langkah kita,

    hohoho. benar…benar…

    cuma cari acuannya yang bener jangan yang mistis, gitu lho (lagi-laghi kata saya)

    wah, bikin takut Mas…😀

    #budi

    kayaknya yang dijadikan patokan halal-haram di sini adalah Islam ya?

    ehem, keliatan seperti itu ya?😀

    balik aja kalo gitu ke artinya:
    Islam itu salah satu artinya adalah tangga (jalan ke atas, peningkatan) menuju kesejahteraan.
    jadi, apapun yang bisa bikin kesejahteraan bagi seluruh alam (ingat: kesejahteraan tidak selalu sama dengan kekayaan), sok ambil aja deh. –> cenderung ke Halal.
    tapi kalo apapun itu cuma bikin sia-sia aja atau malah bikin yang enggak2…. ya tinggalin ajah. –> cenderung ke Haram.
    kayaknya gitu deh…

    ah, sangat indah kata katanya. terimakasih untuk pencerahannya😛

    btw, salam kenal ya…. ^_^

    salam kenal kembali…😉

    #deteksi

    gak bisa seenaknya sendiri main cap halal dan haram,

    Anda akan kecewa ketika ternyata, di negara kita tercinta ini, hal itu terjadi…sudah ada contoh kok…😦

    dalam hal apapun.. semua sudah ada aturan yang jelas.. tapi kadang ada yang melebih-lebihkan dan menggunakan dalil yang dibuat-buat atau direkayasa artinya..

    sekali lagi, ini banyak terjadi Mas…

    gak semua yang ilmiah itu halal dan yang gak ilmiah itu haram..

    tumben kamu pinter Det…:mrgreen:

    ini hampir sama dengan kasus BID-AH.. ada yang seenaknya sendiri menganggap ini BID-AH itu BID-AH.. lalu main cap haram, main cap kafir..
    kasihan kalo ada yang seperti ini..

    pernah jadi korban ya? ehehe… yang kayak gini kan banyak…dan biasa kok…udah biasa…terlalu banyak di blogsper ini…

    #indra1082😀

    #extremusmilitis

    Menurut-ku, prinsip-nya cuma satu kok Wi: Tidak ada yang pasti di dunia ini

    ada yang pasti kok Mus… ada… sangat ada…

    Kita bisa menebak, kita bisa mem-perkira-kan, tapi tidak ada yang pasti, jadi apa yang di-perkira-kan jangan di-paksa-kan untuk men-jadi benar

    saya sepakat dengan yang ini Mus…

    Haram gak haram-nya aku gak mau ikut-ikut-an, itu ter-gantung perspektif masing-masing.

    hus! bisa digorok mui kamu!:mrgreen:

    #tukangkopi

    kalo lagi pusing yang pusing aja sendiri..ndak usah ngajak orang lain ikutan pusing..

    memangnya sampeyan pusing ya?

    #galih

    Pemikiran yang luar biasa

    luar biasa sesat maksutnya?😆

    #didik on 14 Januari 2008 4:30 am

    gimana kalo dijadi’in sebagai ilmu kebudayaan. terutama bagi oran jawa. karena kaya akan budaya yang berkaitan dengan magis

    saya ndak ngerti dengan maksut sampeyan…

    #detnot
    ah, terserah detnot saja deh…saya pasrah…😆

    #Gandhi

    kalo digigit kucing haram gak chiw? wakakkakakakaka
    *ngakak ingat ada cewek imut teriak memaki2 kucing*

    kalo kucingnya kayak sampeyan ya pasti haram!👿

    #sezsy

    kalo di dunia penerbangan, ramal meramal umur pesawat itu diharamkan siw..
    soalnya, diramalkan bakal 40 taun.. eee, belon 40 taun udah jatoh duluan…
    huwehehehehe…

    sepertinya itu hanya berlaku di Indonesia saya Sez…😆

    #datums on 14 Januari 2008 6:27 am

    Meramal? memperkirakan kali? kalo memperkalikan ya gapapa kali…

    bedanya meramal sama memperkirakan dimana ya Pak? mohon bimbingan Anda…

    kecuali kamu memperkirakan bahwa kapal kamu akan ambruk pada tanggal XX bulan XX tahun XXXX dengan memuat XXX penumpang dan XXX staff…. dikarenakan angin sepoi sepoi…. keliatan bedanya kah?

    eh, itu beneran bisa diramalkan lho… sangat bisa bahkan…😛 mau bukti?

    pedoman bintang? itu kan bukan meramal? apa hubungannya dengan meramal… kalo hal itu disebut meramal, gemana dengan orang yang pergi ke WC karena ada petunjuk di WC yang menyebutkan kamar itu WC?

    dengan berpedoman pada bintang, orang bisa meramal bahwa cuaca akan seperti ini atau seperti itu. dan ramalannya itu bisa saja salah. Orang yang pergi ke wc berdasarkan petunjuk WC yang menyatakan kamar itu WC? orangnya pasti meramal : ah, pasti ada wc disana. sayangnya, ada kemungkinan dia tertipu juga karena ternyata ada orang iseng yang memasang itu. tapi plis deh, contohnya jauh banget sih?

    g nangkep yang ini…

    yasudah, nggak apapa kok…

    hayah… jawaban2 ini jangan dijadiin acuan ok? mesti ngawur

    iya iya… tau kok…:mrgreen:

  58. #itikkecil

    saya tunggu kesimpulannya aja deh

    semoga ada yang menyimpulkan…😛

    #didut

    *hanya baca komen diatas ini*
    PS: komen tuh gak gampang rupanya
    *ansab*

    apalagi membalas komen, sepertinya lebih susah ya?😕

    #dnial

    Saya ndak tahu soal haram ato tidak… Lha saya ndak ngurus je…

    😆

    Tapi meramal itu sah-sah saja… Itu kan hanya karena manusia selalu penasaran akan masa depan. Boleh kan….

    malah berbahaya kalo ndak ada yang meramal…😆

    #jensen99

    Ehm, sy benci ramalan, zodiaq, penanggalan jawa, dsb… Tp tdk mempermasalahkan orang lain yg percaya… Halal or haram? terserah deh…

    😛

    Kalo pertanyaan berikutnya:
    1) Meramal umur kapal tu sains kan? Ada hitungan matematisnya. Tentu saja itu ilmiah. Kcuali kalo kapal diramal dengan membaca Tarot atau memanggil jaelangkung…

    lhaiya… namanya meramal toh? lagian, ngapain juga meramal umur kapal pake tarot?😆

    2) Bintang memang bisa dijadikan pedoman arah. Misalnya rasi bintang ursa major yang selalu menunjuk ke arah utara (bintang polaris di rasi ursa minor. Ini (astronomi) akurat lho, dan tidak bisa disamakan dengan meramal nasib sesuai zodiaq (astrologi). Lagian, masa sih 7 milyar orang di dunia ini nasibnya hanya 12 macam?

    iya…😛
    ilmu astronomi, seakurat apapun, pasti pernah meleset. sama ama astrologi. paling beda tingkat akuratnya aja…😀

    3) Sy tidak percaya bahwa segala sesuatu memancarkan energi, tapi saya menghargai kl Siwi percaya. Tidak usah terlalu memikirkan apa kata orang. Sesat itu kan relatif. PD aja dengan apa yg km percayai

    ah, terima kasih…

    4) Orang bodoh yang sangat memuja akal? Ilmuwan yg ilmiah maksudmu? Masalahnya dimana yaa…?

    semoga anda mengerti maksut saya…😛

  59. yang haram itu mengharamkan diri sendiri…

  60. sama aja dengan fatwa “bus itu haram”…..hla bus itu bisa memabukan juga kok….

  61. menurut saya halal dan haram itu berdasar atas hukum sebab-akibat dan azas manfaat .. kenapa?
    misal saja, kenapa mencuri itu haram? karena akibatnya merugikan orang yang jadi korban.
    kenapa alkohol itu haram? karena selain merusak tubuh juga bisa merusak mental dan hubungan sosial. coba pikirkan saja .. ^^

    segala sesuatu yang berakibat buruk dan tentunya akan bersifat merugikan termasuk perbuatan yang haram.

    1. Apakah MERAMAL itu suatu kegiatan yang HARAM ?
    jawab : jika meramal yang dimaksud disini adalah meramal nasib, menurut saya itu Haram, kenapa? karena jika setiap orang bisa tahu masa depannya penuh keberuntungan maka ia akan hanya berpangku tangan menunggu keberuntungan itu datang dan menyebabkan tidak adanya usaha dalam hidupnya, suatu kerusakan moral yang sangat. dan jika ia tahu masa depannya akan buruk pastinya ia akan menyesali hidupnya dan menyalahkan segala hal dan akan memperburuk mental yang juga merusak moralitas.
    1. Apakah itu berarti dosen dosen saya mengajari saya menuju jalan kesesatan dengan meramal berapa umur kapal kami?
    jawab : jika meramal yang seperti ini adalh suatu pemanfaatan ilmu pengetahuan yang akan bermanfaat bagi perkembangan peradaban manusia. apakah ini haram? ingat, azas manfaat.

    2. Apakah ZODIAK itu HARAM ?
    jawab : sama dengan jawaban no satu yang atas. termasuk ramalan nasib.
    2. Apakah berarti nelayan yang berlayar dengan pedoman bintang itu adalah manusia manusia layak dijebloskan ke neraka?
    jawab : kembali lagi ke azas manfaat.

    3. Apakah Ilmu Falaq itu HARAM ?
    ah, saya tidak mendalami ilmu ini .. maaf .. ^^
    3. Apakah berarti, saya -yang percaya bahwa segala sesuatu itu memancarkan energinya masing masing- layak digantung dan dilemparin sejuta leptop karena saya sudah sangat jauh dalam kesesatan?
    jawab : ini termasuk ilmu pengetahuan nyata yang berdasar atas pemikiran logis.

    4. Apakah penanggalan jawa itu HARAM ?
    hm.. saya tdk tahu sejarah dan asalmulana .. ^^
    4. Apakah itu berarti, seluruh ilmuwan penemui teori perkiraan -tentu saja selain yang berasal dari bagian bumi tertentu-adalah orang orang bodoh yang terlalu memuja akal dan sangat layak untuk dibenamkan dalam lumpur kenistaan?
    kurang paham dengan penjelasannya .. ^^

    5. Apakah MEMPERKIRAKAN itu HARAM?
    lagi-lagi berpatokan pada hukum sebab-akibat dan azas manfaat … ^^

    intinya : segala sesuatu yang berakibat buruk dan merugikan itu hukumnya HARAM. ^^

    ah, terlalu scientific yah .. hihhiii .. ^^

  62. walah .. panjang tenan yah komentarku .. ngalahin postingannya .. he2x .. ^^

  63. sepertinya pak deking pernah membahas tentang zodiak… *bongkar-bongkar lemari deking*

    aha, ini dia :

    http://deking.wordpress.com/2007/08/15/zodiak-astrologi-atau-astronomi-hanya-suatu-prequel/

    tapi kalau pertanyaannya dari segi agama, saya abstain dulu ah.

    tapi yang berhubungan dengan kapal dll, saya coba jawab ya…

    di statistik, ada yang namanya prediction and statistical prediction, biasanya masuk dalam statistik inferensial. nah, disitu biasanya “ramal-meramal” itu dilakukan. tentunya tidak pake paham POKOKNYA, tapi menggunakan data-data yang diolah secara statistik. ilmu ini banyak dipakai juga, bukan hanya di ilmu-ilmu sosial, tapi juga di ilmu pasti (teknik, kedokteran, dll).

    jadi kalau dosen itu bisa “meramalkan” berapa usia kapal, maka bisa jadi dia sudah menghitungnya dengan metode yang sudah teruji keabsahannya. terkecuali dia asal bunyi (asbun).

    di psikologi juga dipakai, terutama dalam mengolah data dan mengembangkan prognosis. prediksi secara ilmiah (menggunakan metode tertentu) dengan meramal model tarot/garis tangan itu berbeda. tidak ada unsur spekulasi dan metafisik disitu.

  64. Di jurusan saya ada mata kuliah Teknik Peramalan..
    kalo ngambil , berdosa besar donk???

    wuakakakaka
    untung bukan bidang minat saya….

    salam kenal mbak chiw….

  65. Chiw, 10 menit lagi kamu bakal mati, coz sayah liat kamu di mimpi sayah kamu bakal mati. ini menurut saya meramal (kaya ramalan para dukun yang ngga normal). kalo itu saya pikir itu haram. coz itu ga rasional. ko percaya sama orang ngga normal?

    tapi kalo misalkan kamu punya riwayat penyakit berat (misal impoten hihi), terus kata dokter kamu bakal mati 10 menit lagih, saya bisa sedikit percaya, coz itu bisa jadi rasional.

    biasanya (ini biasanya loh), buat yang ramalan yang pake perhitungan (misal ramalan cuaca, ramalan indonesia bakal miskin di taun ini), biasanya (sekali lagi ini mah biasanya) pake istilah prakiraan. contoh, prakiraan cuaca. CMIIW. ini, kata sayahmah ga haram.

    Jadi intinyah, kalau sayahmah selama itu rasional, bisa dibuktikan secara ilmiah, ga haram. toh islam itu agama universal, agama rasional (naon deuih hubunganana hihi..)

    gtu aja ko repot hehe…

    btw salam kenal mbok.🙂

  66. wah.. kalo zodiak mah gak percaya.. abisnya jawabannya sama aja, contohnya: kamu akan kaya kalo kamu menghemat (yaiyalah.. orang yg hemat bisa kaya)

  67. tapi kalau saya lihat, meramal umur kapal tentu saja sangat dibutuhkan, karena apa? karena umur benda tersebut memang telah ditentukan. Beda dengan meramal umur manusia, yang menentukan adalah Tuhan, sehingga jika ada orang yang meramal umur itu berarti orang tersebut telah mendahului Tuhan, dan itulah sesat. ngerti gak?aku kok gak ngerti ya yang aku tulis

  68. @yg punya blog
    tentunya ramalan anda akan tidak cocok seandainya tiba2 tertelan akismet, betul?

    —-
    itu juga ada dalam perkiraan saya.

  69. klo ngeramal sih ga Haroommm, yang harooommm ntu percaya sma ramalan-nya
    *freelance yg tulis komen =))*

  70. Bingung mau mulai jawab dari mana ya…?🙄
    *pasyang kopyah dolo*

    Pertanyaannya bagaimana dek?
    *jinjit-jinjit kabur*
    *baru kali ini kayanya nyampah* Puas juga:mrgreen:

  71. aih aih… disini nggak ada yang dari MUI ya…??? kan kalo ada kita tinggal tanya tinggal nunggu jawaban… dan tinggal manut…🙄

  72. Meramal itu…
    *Bingung*
    *ah, sudahlah…*

  73. 2008 . . . . . chiw makin remang2 . . . . jarang update . . . bener ramalan ga seeee . . .😉

  74. halah, judulnya ‘satu pertanyaan’ tapi kok pertanyaanmu banyak banget????

    *lempar swiwi ke neraka (yg banyak cafe ber-hot spot dan banyak brondongnya)*

  75. Liat pertanyaan nomer 3 : Falaq itu haram, Falaq = mintak duwit maksa. Saya pernah difalaq sama preman terminal soalnya 😛

  76. Meramal itu dosa karena sebenarnya memang nggak ada yang tahu apa yang bakal terjadi di masa mendatang, tapi kalo mengira-ngira saya kira nggak apa-apa.

  77. ko ilmu falaq di hubung2in sama ramal-meramal non? telaah esensinya dulu ya (huh sko tau saya🙂 )

  78. Lam kenal mbak?
    Ruar biasa sibuknya mbak chiew ini. mbagi waktunya gimana mbak?
    Katanya boleh bergaya? gaya apa yah…????
    gaya teman baru aja ya, lam kenal *bersalaman*🙂

  79. Halah, gitu aja kok repot.. ilmu kira-kira dengan ilmu pengawuran itu bedanya tipis.. hahahahha..

    *kabur dulu ah*

  80. tepuk pramuka …:mrgreen:

  81. 1. Apakah MERAMAL itu suatu kegiatan yang HARAM ?
    Iya… Karena mencoba mendahului nasib. Kalau umur kapal itu kan bukan meramal, tapi memperkirakan…😀

    2. Apakah ZODIAK itu HARAM ?
    Masih ada perdebatan. Awalnya kan, berasal dari pengamatan terhadap beberapa orang yang dilahirkan pada waktu-waktu tertentu. Pengamatan itu menunjukkan adanya kesamaan, sehingga dapat diambil sebuah hipotesa.

    3. Apakah Ilmu Falaq itu HARAM ?
    Nggak…

    4. Apakah penanggalan jawa itu HARAM ?
    Nggak… Kan, sama saja dengan penanggalan Hijriyah, berbasiskan pergerakan bulan. Namanya aja yang beda…

    5. Apakah MEMPERKIRAKAN itu HARAM?
    Nggak… Kalau tidak ada kegiatan memperkirakan, bagaimana bisa tahu kapan tugas (TR, misalnya) akan selesai😀 *wis mari durung?*

  82. Ngantuk sayah……

  83. kalau semuanya haram lalu bagaimana kita bisa main-main dengan gituan??

    main seperti itu kan boleh cuman sekedar tau aja, kalau percaya ntar bertamabah dong rukun imannya

  84. Halah… Masingono hlo kalau tetap haram, peyan masih saja percaya kan???

  85. Ah, baru itu. Berarti arsitek adalah profesi “kafir” yang hanya pantas dihuni calon penghuni neraka dong? Andai semua berpikir begitu, mungkin kampus Teknik bakal melompong…

    Btw, para haram-ers itu masih mengharamkan fotografi gak ya?

    *Jadi membayangkan hidup di alam mereka, bosan gak ya?*

  86. aku udah baca blog km , kunjungi juga http://www.febriantoeko.wordpress.com

  87. eh, ‘menjura’ itu apaan??? baru denger, . .

  88. yang saya tahu, ilmu falaq itu JELAS-JELAS TIDAK HARAM

    lawong anak-anak IAIN yang notabene dipupuk jadi kyai, ulama, ahli agama, atau apa lah.. mempelajari kok…. ilmu falaq itu kayak fisika pas BAB antariksa. itung2ane jan ruwet cah…

  89. Aku ga selalu lulus ujian Manajemen Keuangan dengan predikat ‘mengenaskan’ gara-gara ada itungan soal meramal…. Bukan karena kalkulator ku yang error (meski merk murahan seharga 25ribu), tapi lebih karena sikap ku yang terkontaminasi iklan Holcim (que sera sera…) dan terhipnotis lagu Maia (emang gue pikirin!)🙂 -> komentar aneh yang ga penting <-

  90. Ramalan –> it’s fun haram apa gak tergantung niat… m coba??!

    teus..
    Astrologi, Astronomi kyknya dua jenis mahluk yang sangat beda tapi hampir sama…

    huh.. jadi ingat eh yang punya blog, chiw & cowok dua hal yang beda juga tapi hampir sama.. hahaha.. u know… klo keseringan diliat-liat manis koq orangnya, so.. ati2 lo sama ni org serius nehj..!
    Tapi sayang.. gak lebih manis dari mak lampir..😀

    huh.. do NOT ever touch my lips !!

  91. siwi manis???????????
    aaaaaaaaaarrrrrrrrrgggggggghhhhhhhhhh……………….. tidaaaaaaaaaaakkkkkkkkkkkkkk………..

  92. ingattt 1 guna bintang (rasi bintang ) hanya buat menghiasi langit+bumi bukan buat diramal ramal ato diapakan

  93. ya tanya sama yang ahlinya aja…
    ada banyak pak ustadz di dunia ini, mreka kan yag lebih ta,
    tapi harus di cari ustadz yang bagus juga.. jangan sembaragan cari ustadz…
    biar lebih afdhol..
    jadinyakan kalo disi ada yang sok tau…

  94. apa maksud mimpi disembeleh…


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

