Wonosobo : sebuah perjalanan sebelum nikah mati (part 1)

sebuah imel dengan pengirim kemplu bernama Pepeng, mau tidak mau menyeret jari saya untuk ngeklik lebih jauh.

gimana nggak menarik, lha labelnya aja naujubilah banyaknya. saat itu saya baru sadar, kalo Pepeng suriwil itu telah mengirim imel yang sama ke beberapa milis yang saya ikuti sekaligus.

glek!

demi membaca isi imel, serta merta saya ngeces. ngiler. kayak gini deh

gimana enggak. acaranya JALAN JALAN dan GERATISSS!!! nggak bayar sepeserpun! Yang ngadain? komunitas blogger wonosobo (di postingan berikutnya diceritain deeeh…launchingnyaaa). Keren banget ini komunitas! baru juga berdiri, lansung bikin acara yang manjain blogger banget!

oh tuhanku, berkatilah mereka para pembuat acara ini. berkatilah Tyovan dan Bupati Wonosobo yang gawul ituh…

*berdoa khusyuk*

tanpa pikir panjang ( ah, dasar Siwi, priceless!) dan setelah mendapatkan kepastian tumpangan sampai Solo, saya putuskan Ladub! alias budal ke Wonosobo. berbekal kocek yang tipis sangat, dan hanya semangat untuk memotret n jalan jalan geratis, berangkatlah jua saya akhirnya…

bersama Abang Tiok, dimulailah perjalanan kami naek kereta. Yes, this is my first time numpak Pramex alias Prambanan Express. Keretanya bersih, jauh dari kesan kumuh seperti kereta ekonomi yang biasa saya tumpangi (ya eyalah, kespress gitu siw!) . Dengan banderol cukup 7 ribu rupiah, kami melintasi beberapa kabupaten. Aseli, keretanya enak! rasa jeruk! nggak sumpek, umpel umpelan, ples : BEBAS ASONGAN n PENGAMEN.  Selanjutnya, kami naek angkot n Bis. Inih dia… perjalanan menuju kota wonosobo, yang paling berkesan adalah naik Bis jurusan Wonosobo, setelah dari stasiun Kutoarjo dan terminal Purworejo. Semua, saya bakalan ngira bisnya gede seperti bis antarkota lainnya. Ternyatwa… bisnya cuwilik dan jalan yang dilewatiiii… alamakjaaang!

JUUUUAAAAUUUUUUHHH dan berkelok kelok.

untunglah, udaranya sejuk segar, nggak panas kayak surabaya. Jadi sedikit ngga kerasa perjalanan yang keknya lebih jauh daripada malang – sby ituh.

Daaan…akhirnya, sampai juga kami di sebuah tempat berjudul Balai Latihan Kerja. Suasana sepi semriwinggg, ples diiringi tatapan tajam *lebay* embak embak di asrama sebelah.  Sadarlah saya, sebagian besar peserta masih pada sholat jumat, dan bahwasanya tempat menginap saya ini adalah balai latihan kerja alias asramanya calon tekawe.  Tapppiii…meskipun BLK, tempatnya eeeennnaaaakkkk banget! berwaifi, swejuk, bersih, tenang, cocok buwat tidur dah! dasar, yang dipikirin tidur mulu!

Menjelang jam satu siang, mulai ada tanda tanda kehidupan. setelah itu, kami lansung digelandang ke sebuah tempat berjudul rumah makan Sindoro Sumbing. *ngeces* dateng dateng lansung ditodong makan reeek…

rm sindoro sumbing

rm sindoro sumbing

disitu sempet terGR GR bakalan disuruh nangkep ikan yang wara wiri di kolam, ikannya gede gede boook… terus disuruh mbakar or nggoreng sendiri.

ehehe… ternyata ikannya hanyalah hiasan sodara sodara! kita makannya ikan ayam goreng ternyata :D

tersangka utama dari hilangnya sebuah sendok

tersangka utama dari hilangnya sebuah sendok

tersangka pemusnah nasi

tersangka pemusnah nasi

nah, jika waktu itu persediaan nasi menjadi berkurang jauh, tersangka utamanya tak jauh jauh dari orang ini. tak percaya? inilah buktinya

inilah dia

sehabis dihajar, disampluk sampluk pake ayam goreng dan krawu, kita diseret menuju sebuah desa bernama Sapuran, untuk melihat lansung proses pembuatan batik aseli Wonosobo.

Lagi lagi, kita menempuh perjalanan yang amboooiii banget… disebut amboi karena jalannya amboi dan pemandangannya emang amboi beneran.

Satu lagi kekaguman saya pada kabupaten yang nyempil ini : BANYAK KOLAMNYA! hampir setiap rumah mempunyai kolam yang jernih dengan ikan ikan berlarian, eh berenang kesana kemari. Bisa disebut, wonosobo adalah negeri seribu kolam.   :lol:

Batik Wonosobo, dibuat secara hand made oleh penduduk aseli desa ini. Kebanyakan yang bikin ibu ibu, embak embak dan emak emak. :D. Ada yang dibikin pake cetakan, ada pula yang batik tulis, masih pake canting yang dicelupin ke cairan malam panas itu lho… *keinget mbatik pas jaman SMA*. Motif khasnya, adalah buah carica dan daun tumbuhan purwaceng. Carica dan Purwaceng, adalah tanaman khas daerah pegunungan Dieng. tentang carica dan purwaceng, akan saya bahas di postingan lainnya tunggu aja ;)

motif batik wonosobo

produk jadi berupa kain

produk jadi berupa kain

produk jadi berupa tas tangan

produk jadi berupa tas tangan

selanjutnya, mari kita mengintip “bengkel” tempat batik2 ini dibuwat…

cetakan motif purwaceng

cetakan motif purwaceng

lagi mbikin motif batik pake cetakan

lagi mbikin motif batik pake cetakan

naaah… itu tadi yang pake cetakan…

mari kita lihat yang batik tulis, sst… harganya konon lebih mahal lhooo…

lagi mbatik pake canting

lagi mbatik pake canting

batik belum diwarna

batik belum diwarna

batik belum diwarna juga

batik belum diwarna juga

naaah… berikut para ‘pahlawan’ batik kota wonosobo…

ibu ibu mbatik

ibu ibu mbatik

dan mereka yang berjuang melawan asap menyesakkan di ruang pewarnaan…

ruang pewarnaan

ruang pewarnaan

di ruang itulah, ibu ibu itu bertangisan, bukan sedih, tapi melawan asap yang emang perih di mata.

Sebagai usaha kecil, yang saya suka dari sini adalah pengolahan limbahnya yang patut diritu produsen2 skala gede. Ramah lingkungan bro!

Limbah pewarnaan batik dilewatkan dulu di semacam ‘penyaring’, baru kemudian dialirkan di parit parit kecil dengan air jernih mengalir.

saringan limbah

saringan limbah

sementara itu dulu deh yaaa… tunggu postingan sayah berikutnyah

:cool:

132 Komentar

  1. pertamax euy… :cool:

  2. Aku pengen ah dolan Wonosobo maneh, hunting sunrise lagi, dulu kan penuh kabut

  3. iyoh, pas kita kesana cuaca lagi ndak begitu bersahabat.
    dapet telaga warnanya juga pas gak lagi bagus jadinya…

  4. emang harganya berapaan chiw?

  5. iya, saya pengen kesana lagi. oleh2 dari panitia udah habis.
    dah terasa khasiatnya :D

  6. PERTAMAX!!!

  7. @engkris
    harga apanya Say? batiknya tah? kisaran 60 – 200 ribuan… makanya eike ngga beli :mrgreen:

    @masnovi
    weks???
    purwacengnya udah dicobak taaah??? :shock: :shock: :shock:

    @Arai
    telat kown! :razz:

  8. [...] Siwi : Wonosobo : sebuah perjalanan sebelum nikah mati (part [...]

  9. Tanggung DarLiiiing..
    kurang dowoooooo…

    huhuwww.. >.<

  10. jahhhhh… ga ada purwacengnya…. puter balik ah… :P

    • hla? kenapa putar balik? betewe, udah dicoba belum purwacengnya? :mrgreen:

  11. Tahun depan aja reunian lagi di Wonosobo dan Dieng penuh kenangan ihik

    • euleuh euleuh…
      yang punya kenangan rek… :lol:

      ya kenapa ndak reunian ke surabaya aja? :razz:

  12. kangen wonosobo

  13. weleh, saringan limbah kuwi sing kepoto kok mung saringane, lha pas kuwi aku karo nico lak lagisurpei, hehehe….
    wonosobo pancen top markotop…

  14. bakal dadi acara (gratisan) rutin gak yo… *ngarep sangad*

  15. astaga! blognya siwi diupdate! (woot)
    sip wes, tak tunggu lanjutan ceritane, plus hasil jepretanmu ndek dieng. ayoh ayoh. nggak usah nunggu bulan depan.

    • :cool:
      nggak usah segitu antusias deh Fam.*dikeplaki Fahmi*

      tunggu aza yow…
      enggak enggak nek sampek bulan depan…
      paling taun depan Fam…sing sabar yooo :mrgreen:

  16. Itu para mbok pembatik, jilbab dan pakaiannya kok tidak bermotif batik ya?

    *menunggu purwaceng*

    • batiknya buwat diuwal Guh…
      kan mahal…
      mungkin jugak wktu itu enggak sempet ganti baju batik :)

      oiya, purwacengnya mau yang mana ini?
      yang teh, atau yang instan?
      *mendadak jadi ahli purwaceng*

      yakin, mau dikirimi beneran?

  17. siiiiiw… pinjem kameranya lagiiiiiiii…

  18. wah… memang biki ngiler hehe
    cma satu yang kurang. katanya panorama wonosobo amboi, mana fotonya? hehehe

    salam kenal
    sulurliar

  19. Wonosobo uaddemm tenan… Kalo gak dikasitau bupatinya, gak bakal ngerti ada jaringan mistis Dieng-Sphinx-Segitiga Bermuda.
    Yang jelas, aku berterimakasih pada penyelenggara, jalan-jalan gratis (catatan: transportasi ke sana cari sendiri), serta carica dan purwaceng gratis. Udah kamu coba, Dik? Ngefek gak? Tambah kuat gak?
    Hahaha…

    • gak seadem Batu kok Bang… :D
      ayooo kapan ke Batu, tak temenin entar… asal embaknya ndak ngambek lagi :razz:

      iyo, aku juga baru mudeng after dikasi tau sama Pak Bupati gawul ituh…

      sampeyan udah nyoba belum? aku belum nyobak e…

      • belum. haha… nyobanya kalo simbak lagi gak di jogja aja. ehehehehe…
        udah coba? apa efeknya? aku ndak begitu tertarik he…

        • belum nyobak :razz:

          lha kenapa nunggu simbaknya gak dijogja dulu? :D

  20. Wogh! Update!

    Semua yang gratisan hampir pasti selalu menyenangkan..
    Hmm..

    • iyoh, setelah sekian lama… :D

      emang, kecuali kita yang nggeratisi… :mrgreen:

  21. Headline News: Mbah Surib Meninggal Dunia “Beritanya Klick Disini”

  22. wooogh! suwiwi apdettttttt
    *terkaget- kaget*

    nangndi ae koen dul? ratau katon?

    btw, fotone apik2.

    • sopo kown iku heh?
      dal dul dal dul

      *keplak*

      fotone ancen apik kok :cool: :mrgreen:

  23. judule, opo kown ameh nikah, nduk?
    ato meh, errr….

    • menurut paman sayang kira kira gimana? :mrgreen:

  24. wolha, belalti ini yang balengan atu mobil to?

  25. Wah…. Akhirnya ketemu juga blognya… :D

    • nyarinya sampek mana aja emang? :D

  26. Blog anda OK Banget!. Submit tulisan anda di Kombes.Com Bookmarking, Agar member kami vote tulisan anda. Silakan submit/publish disini : bookmarking.kombes.com Semoga bisa lebih mempopulerkan blog/tulisan anda!

    Kami akan sangat berterima kasih jika teman blogger memberikan sedikit review/tulisan tentang Kombes.Com Bookmarking pada blog ini.

    Salam hormat

  27. wohh eank ya bisa jalan2 kemana *mupeng..
    hehehe

    • hehe… kan dibayari…
      makanya enak.

      coba kalo mbayar sendiri, pasti males, mendingan ngenet :razz:

  28. besok2 kalo ada gratisan……………….ngikut lagi ahhhhhh, hehhehehhe…

    oya kalo dr jogja mau k wonosobo..lewat magelang jha, ada bus eka,,harga hampir mirip dg yg ekonomi kq..walo harus ganti bus lagi tapi khan nyaman (^^)

    • jiah… fens geratisan yaaa :lol:

      eh, bus eka itu yang dari surabaya kan ya?
      eike biasanya naek itu kalo dari surabaya ke jogja…

  29. wahhh
    keren banget ya Wonosobo itu :)

  30. beuh,, ndelok judul’e ta kiro wes nikah tenanan koen.. :D

    • hehe, wes kadung patah hati koe yo? :mrgreen:

  31. Sering-sering nyari ipen yang nawarin ples makan ayam geratis, Wie.. Itung-itung perbaikan gizi sekaligus sapa tau bisa bikin kau jadi tinggi, hehehe…

    • kau kali zink…
      gue sih enggak yaaa… :cool:

  32. enaknya jalan jalan

  33. dolaaaaaaaaaaaaaaaaaaan ae arek iki
    gak ajak2 jal..
    >.<

    • :lol:

      mumpung iso dolen, geratis meneh…

  34. bisnya cuwilik apalagi penumpangnya!!!!

  35. Keenampulux!!

    \sekedar menggenapkan jumlah komen
    \\dilempar batik

    • :evil:

      *lempar pake canting berisi lilin panasss*
      :mrgreen:

  36. tunggu postinga berikutnyaaa…?…Iyo ngenteni Gunung Semeru bledoss manehh..heee..

    • tenaaang… gak bakalan selama iku koook… :mrgreen:

  37. priceless… hihihi
    yang gratisaaaaan aja :p

  38. salam kenal mas

  39. ehmmm.. jalan2 nya asik,,,

  40. halo… salam kenal ya … lucu lucu postingannya , juga mbak chiw imudz

  41. SALAM KENAL,

    Kebetulan saya browsing untuk mengetahui minat dan KEPEDULIAN generasi muda terhadap Pelestarian Warisan Budaya Nusantara,….e ketemu BLOG ini….

    Boleh ya saya ngajak2 anda2 untuk LESTARIKAN CARA PEMBUATAN RAGAM HIAS dg mencoba sendiri MBATIK dg CANTING……SAYA BERSEDIA SHARING sebelum mencoba membatik sendiri saya akan jelaskan latar belakang dan sejarah batik serta filosofi dibalik tiap ragam hias……
    monggo mampir di http://mbatikyuuuk.com DAN JUGA
    http://indratj100755.multiply.com

    saya tunggu para sahabat bergabung……

    Event terdekat di Jakarta 5 September 2009, kalau di Bandung tergantung jumlah peminatnya …apabila sudah mencapai quota…bisa diadakan…

    SALAM LESTARI

    bU iNDRA tJ

    • terimakasih bu Indra… :)
      akan saya kunjungi webnya

  42. weh, ndak ngajak2 aku jeh

    • hla dikau tak memunculkan diri seee… :lol:

  43. jadi, kapan kita uji kehebatan purwacengnya?
    :oops:

  44. Bisnis property secara sederhana tapi menghasilkan, Buktikan!!!

  45. national credit fixers…

    This is a great blog – I\’ll have to come back again!…

  46. abis jalan2 nambah gemuk gk jeng? :D

  47. Laporan pandangan maten lengkap tur apik rek. Kampusmu cedak omahku nduk. Aku ndik Galaxi Bumi Permai kono lho.
    Selamat,blogmu apik.
    Salam dari Pakde di Sukolilo

  48. Purwacengnya udah kucoba, dicampur milo, madu, telor. Huehehe… Gak ngefek juga, atau malah gak kerasa lantaran gak dimanfaatkan sebagaimana mestinya ya?

    Heh, fotoku ngendi, kok ra dicantumke…

  49. Eee… Jebule purwacenge kegawa tekan Bandung. Minum ah…

  50. weleh weleh

  51. Apik apik

  52. Batiknya keren – keren… ^_^

  53. fotoku mana ??????

    chandra

  54. fotone biasa banget…..
    ga ada yg menarik….

    hahahhaha

  55. what?? gratis?? Free?? gileee.. keren keren.. jarang jarang ada yang berani kayka gitu.. hohohoo..

  56. numpang nimbrung disini yah wi hehehehe

  57. hehehehe..yo beginilah..sampe gak ono waktu kate ngupdate .
    temen blogmu aktif2 yah wi?

  58. tapi sayang wi seng di bahas gak ono..
    soale minim kegiatan ndek kene…
    paling2 yo browsing2 tok

  59. salam kenal mbak….
    ke wonosobo yah….hmmmm.dah nyobain mi ongklok blom….dijamin ueeenaaak………..

  60. jadi kemarin ntu ke solo yah???

  61. bagusssssssssssssssssssssssssssssss

  62. الله أكبرالله أكبرالله أكبرالله أكبرالله أكبرالله أكبرالله أكبر
    ..
    Allahuakbar 3x
    Lailahaillallohhu wallohu akbar
    Allahuakbar walillahilhamd
    ..
    Gemuruh takbir berkumandang di penjuru negeri, tanda hari raya akan tiba
    Bila ada salah kata mohon dilepaskan bila ada tutur yang ngawur mohon dilebur.
    Seluruh umat islam bermuhasabah dengan tetap berharap rindu akan RamadhonMu Ya Robb yang maha Menghidupkan lagi Maha Mematikan
    ..
    Salam Takzim 1430H

    الله أكبرالله أكبرالله أكبرالله أكبرالله أكبرالله أكبرالله أكبر

  63. Perjalannya sepertinya menyenangkan

    Salam kenal
    blogger kalimantan selatan

  64. wah…lucu juga batikknya..emang serius batik warna alamjadi tren di jogja..gakhanya pakai purwaceng..rumput, kunir…bahkan kulit kayu juga bisa jadi pewarna

  65. Salam Takzim,
    Selamat pagi blogger Indonesia, sukses selalu
    Part II nya kapan dirillis bos

  66. siwi walaupun kita satu almater, tapi aku belum pernah jumpa dengan dirimu… malah ngerti kowe teko konco – konco ku : tatang, mas dodi pramuka, Irfan arek pramuka ugm….

    Mumpung ijek suasana lebaran, Mohon maap lahir dan batin

  67. nama beta mengapa tiada disebut yo?

  68. aku pas gak bisa ikutt..
    *ngiri banget*

  69. Nasi apa tuh…?? kayaknya enak banget

  70. Enaknya jalan-jalan….

  71. mantep…

    salam kenal

    arya

  72. Salam Takzim
    Mengunjungi sahabat disiang hari, Agar tetap langgeng persahabatan yang sudah kita bentuk
    Salam Takzim Batavusqu :)

  73. wahhhh segala sesuatunya memang lebij mudah jika ada sahabat,, salam kenal

  74. aku bisa membatik juga loh de chiw, canting ku kuasai dengan lumayan baik, motif batik kesukaan ku adalah parang, kedua ceplok manggis, sedangkan warna laseman adalah favorit ku. duh jadi pengen beli malam lagi deh

  75. UPDATE Nduk….

  76. Kayaknya seru banget ya…

  77. Hi salam kenal,
    Blognya bagus!!!

    Kunjungin blog saya,

    http://dithoap.wordpress.com

  78. wah seru yaaa

    salam kenal yaa

  79. *melintas*

  80. travelling. . Sedaaaaaaaaaaaaaaap. .

  81. mangtaaaafffff…..jadi kepengennn :D

  82. keren euy, jalan-jalannya. pa kabar mbak siwi?

  83. jadi pengen ke wonosobo nih….

  84. Huahahaha…., mantep laporan perjalanannya. Foto temen2nya banyak :D

  85. met tahuh baru…

  86. aku blom pernah… padahal yo rumahku di jogja,,, hiks…..

  87. Cara ngirim artikel ataun posting ke komunitas gimana ?/ aku udah gabung

  88. seru tu trapelingnya, tapi cerita jangan dipotong2 donk, lagi asik mbacanya :D

    btw bole tukeran link? udah kupasang di blogroll, trims..

  89. Keren fotonya. Salam kenal.

  90. Seru euy,,, ^^
    Salam kenal ya mba…

  91. belum ada postingan baru :(

  92. keren…..
    salam kenal

  93. akey…mengenai kebudayaan harus tetap terus kita suarakan…
    wajah baru…kalo semapat liat punyaku ya…thx

  94. postingan menarik… :)

  95. kereeenn

  96. keren banget bagus buat mengisi liburan

  97. sep mantap infonya mayan buat ngurangi dana buat jalan2

  98. jadi laper nih

  99. mantaf


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 71 pengikut lainnya.